Analisis Jual Beli Dengan Model Technopreneurship Di Masa Pandemi Perspektif Bisnis Islam

Nurya Lifmangau, Darwis Amin

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jual beli model technopreneurship di masa pandemi dan untuk mengetahui jual beli model technopreneurship di masa pandemi ditinjau dari perspektif bisnis islam.Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pedagang pakaian di maluku City Mall  Ambon. Dari hasil penelitian bahwa Jual beli dengan model technopreneurship yang dilakukan pada masa pandemi sangat membantu penjual dalam mendagangkan barang yang dijual, karena penjualan model ini cukup efektif dalam meningkatkan pendapatan hasil penjualan. Penjualan model technopreneurship yang digunakan menggunakan media teknologi heandphone dengan memanfaatkan fitur aplikasi-aplikasi sosial media seperti facebook, instagram, dan whatsApp. Dalam Tinjauan perspektif bisnis islam terhadap jual beli dengan model technopreunership bisa tidak sah akadnya dan bisa sah. Tidak sah manakala informasi barang yang diberikan penjual pada saat mempromosikan di sosial media berbeda dengan kenyataan saat suatu barang itu diterima oleh pembeli, sehingga pembeli merasa kecewa. Karena hal ini mengandung unsur penipuan. Akan tetapi, jika informasi barang diberikan penjual sama dengan kenyataan barang yang diterima oleh pembeli, maka akad jual beli belinya menjadi sah.

 Kata Kunci : Jual Beli, Technopreneurship, Bisnis Islam


References


Abdurrahmat Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2011).

Arip Purkon, Bisnis Online Syariah: Meraup Harta Berkah dan Berlimpah Via Internet (Jakarta: PT GramediaPustakaUtama, 2014).

Abdul Aziz Muhammad Azzam, FiqihMuamalat (Sistem Transaksi Dalam Fiqih Islam), (Jakarta: Amzah, 2010).

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, (Bandung: CV Mudur Maju,1996),

L. Suhari Dan H. Sirine. “Factor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan Atau (Entrepreneurial Intention)” J. Manoj, Dan Kewirausahaa, Vol, 13, No, 2, 2012

Husain Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsidan Tesis Bisnis, cet.VI, (Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, 2004).

Haris Faulidi Asnawi, Transaksi Bisnis E-Commerce Perspektif Islam (Yogyakarta: Magistra Insania Press bekerjasama dengan MSI UII, 2004),

Sutrisno Hadi, Metodologi Penelitian Research I, (Yogyakarta: Yayasan Penelitian Fakultas Psikologi UGM, 1981),

Zurohman Achmad, Jual Beli Online Dalam Perspektif Bisnis Islam, Cet Ke 1, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.