Pengaruh Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Café Pelangi Perspektif Manajemen Bisnis Syariah

Sarasidya Tritono Putri, Mohammad Hanafi Holle

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis: (1) pengaruh lingkungan terhadap keputusan pembelian konsumen Cafe Pelangi (2) kondisi sekitar terhadap keputusan pembelian konsumen Cafe Pelangi perspektif Manajemen Bisnis Syariah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, data primer yang digunakan yaitu data yang disebarkan melalui kuesioner kepada 30 responden yang sesuai dengan karakteristik yang ditentukan. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Cafe Pelangi yang sudah berkunjung minimal 1 kali dan tidak diketahui berapa banyak jumlah konsumen Cafe Pelangi Kota Ambon. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insedental  yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan mendapat kesimpulan bahwa dari uji t (parsial), bahwa variabel kondisi sekitar (X)  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai Sig sebesar (0,011 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kondisi sekitar (X) terhadap keputusan pembelian (Y).  Koefisien determinasi nilai adjuster R square sebesar 0,183 hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel kondisi sekitar (X) dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 18,3% dan sisanya 81,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kondisi Sekitar, Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Pelangi

References


Prof. dr. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi dan R&D),Alfabeta,Bandung,2012,155

Almasih, lisa; sidik, amelia; goenawan, felicia. Sikap pengunjung mengenai servicescape starbucks reserve dewata. Jurnal e-komunikasi, 2019, 7.2.

Amrullah, amrullah; siburian, pamasang s.; zainurossalamia, saida. Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. Kinerja, 2016, 13.2: 99-118.

Aprilian, marcell. Pengaruh kualitas produk, harga dan servicescape terhadap keputusan konsumen dalam memilih cafe tanggal tua di surabaya. 2018. Phd thesis. Universitas katolik darma cendika.

Ekowati, titin, et al. Pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian di tokopedia (studi pada mahasiswa universitas muhammadiyah purworejo). Volatilitas, 2021, 3.3.

Fauzi, moch helmi; susilowati, dwi; machfudz, masyhuri. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias pada masa pandemi covid-19 di kecamatan bumiaji kota batu. Jurnal sosial ekonomi pertanian dan agribisnis, 2021, 9.3.

Firdausi, alfa nurrahman; khasanah, imroatul. Analisis pengaruh kualitas produk, citra merek, persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen teh dalam kemasan merek teh botol sosro di kota semarang). Diponegoro journal of management, 2017, 6.4: 70-80.

Holle, Mohammad H. Implementasi Etika Islam Dalam Berbisnis. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah, 2019, 1.01.

Isa, muzakar; istikomah, robingatun. Analisis perilaku konsumen dalam keputusan pembelian makanan di kota surakarta. Jurnal manajemen dayasaing, 2020, 21.2: 98-110.

Kurniawan & puspitaningytas. “metode penelitian kuantitatif.” Pandiva buku, yogyakarta 2016. Hlm 96http://repository.unair.ac.id/7/10/2021

Maslucha, luluk. Pengaruh dimensi servicescape terhadap kepuasan masyarakat pada dinas sosial di kabupaten lumajang. 2019.

Nugroho, marno; romadhon, sahrul. Model peningkatan loyalitas pelanggan dengan pengujian terhadap servicescape, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Jurnal manajemen teori dan terapan, 2018, 11.2: 181-192.

Nada, alifiyan qotrun. Analisis strategi bauran pemasaran pada industri ud. Tempe pak heri, kabupaten pamekasan. 2021. Phd thesis. Institut agama islam negeri madura.

Purnomo, albert. Pengaruh café athmosphere terhadap keputusan pembelian gen pada old bens café, 2016

Setyaningsih, fatma. Analisis strategi bauran pemasaran terhadap peningkatan pelanggan pada lembaga rafi bimbel tangerang. Jmb: jurnal manajemen dan bisnis, 2021, 10.1.

Setiawardani, maya. Peran servicescape terhadap peningkatan loyalitas pelanggan (kajian empiris terhadap pelanggan yumaju coffee). Jurnal riset bisnis dan investasi, 2021, 7.1: 10-21.

Widiasari, susi; zulfa, fath ervan. Perilaku pedagang grosir ditinjau dari etika bisnis islam. Al-hikmah: jurnal kependidikan dan syariah, 2020, 8.2.


Article Metrics

Abstract view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.