STRATEGI PEMASARAN SAGU DALAM MENINGKATKAN POTENSI PASAR PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v4i02.4017Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran sagu dalam meningkatkan potensi pasar ditinjau dari perspektif manajemen bisnis syariah di Dusun Hurnala Kabupaten Maluku Tengah. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penerapan strategi yang digunakan oleh pengusaha sagu adalah menjadikan pasar sebagai tempat menjual usaha sagu mereka dan juga ada beberapa penjual sagu yang menggunakan media sosial sebagai tempat promosi dan karena pengetahuan dari masyarakat atau konsumen sagu banyak yang sudah mengetahui tempat goni atau rumah pengusaha sagu tersebut dari mulut ke mulut sehingga konsumen langsung membeli sagu di goni atau memesan sagu melalui telpon. Usaha sagu di Dusun Hurnala berupa tumang, sagu lempeng, dan sagu gula. Strategi pemasaran sagu perspektif bisnis syariah yang dilakukan oleh penjual sagu di Dusun Hurnala menerapkan strategi pemasaran yang mencontoh praktik pemasaran dan sifat Nabi Muhammad saw, yaitu Siddiq (jujur, benar), Amanah (Dapat Dipercaya), Fathanah (Cerdas), dan Tabligh (komunikatif).
Kata kunci: Strategi, Pasar, Sagu, Pemasaran, Bisnis SyariahReferences
Alma Bukhari dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai danPraktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, (Bandung: Alfabeta).
Amiruddin, 2014. Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Makassar: Alauddin University Press.
Andiwarman Karim. 2017. Ekonomi Mikro Islam Cet. III, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arifin Rudiyanto, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementrian Bappenas RI, dalam webinar seri ke-5 ”pembangunan industri berbasis sagu terpadu dan berkelanjutan”. Seminar ini digelar oleh Dewan Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan tema “ Kebijakan dan Pengembangan Infrastruktur Industri Berbasis Sagu”, selasa (28 juli 2020).
Burhan Ashofa, Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Rineka Cipta, 2004,
Batseba.M.W. Tijaroh dan Usaman. 2000. Teknologi peningkatan Produktifitas ayam buras. Loka pengkajian teknologi pertanian koya barat jayapura. Hal 24-28.
Bintoro, dkk (2010). Sagu di Lahan Gambut. Bogor:IPB Press.
Departemen agama RI. 2014. AI-Qur’an dan terjemahannya, Bandung: CV Penerbit J ART
E. Meilvis. Tahitu, Amiruddin Saleh, Djuara P. Lubis, dan Djoko Susanto(2016).Strategi Pengembangan Kapasitas Pengelola Sagu di Maluku Tengah Provinsi Maluku
Fadila. I, 2010. Potensi sagu dalam upaya disverifikasi pangan. Universitas Terbuka. Tangerang. https://data boks.katadata.co.id
Hunger David dan Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategi.terj.
Hulwati. 2009. Ekonomi Islam: Teori Dan Peraktiknya Dalam Perdagangan Obligasi Syari’ah Dipasar Modal Indonesia dan Malaysia, Padang: Ciputat Press Group.
Ibrahim. K dan H. Gunawan. 2015. Dampak kebijakan konversi lahan sagu sebagai upaya mendukung progra pengembangan padi sawah di kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Pros Seminar Nasional Masyarakat Biodiversity Indonesia.
Joko, Subagio, Metode Penelitian (dalam teori dan praktek), Jakarta: Rineka cipta, 2006.
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Bogor: Kementrian Agama RI, 2010)
Koentjaraningrat, Metode-metode penelitian Masyarakat, Jakrta: Gramedia, 2001
Kotler Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid 1,terj. Jaka Wasana, (Jakarta: Erlangga, 2006).
Kotler Philip dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Jakarta: Erlangga, 2001).
Malano Herman. SelamatkanPasar Tradisional ; Potret Ekonomi Rakyat
Mevita. A.S, 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Ilmu dan Riset Manajemen. sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
M. Syakir, dan Karmawati , E. (2013). Potensi tanaman sagu (Metroxylon spp). Sebagai bahan baku Bioenergi, prespektif.
Nainggolan Parlin,”Pentingnya Manajemen Strategi bagi Organisasi dan Perusahaan”, tanggal 29 Juni 2011, http://ekonomi.kompasiana.com, diakses pada 02 November 2015 pukul 13.02 WIB. 2 J.
Nur Azizah (2012). Analisi Strategi Pemasaran sagu Kasbi pada Gapotan Prima Jaya di Kelurahan Jaya Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan Provinsi maluku Utara.
Parker. R, 2003. Introduction to food science. Delmar, Thomson Learning Inc. New York.
Philips. G.O, dan P.A. Williams. 2000. Handbook of hydrocolloids. Boca Raton, Woodhead Publishing Limited and CRC Press LLC. New York.