PENGEMBANGAN LABORATORIUM MIPA IAIN AMBON UNTUK MENDUKUNG PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v4i02.4018Abstract
ABSTRACT
This paper is motivated by the problems found at the Mathematics and Natural Sciences Laboratory (MIPA) of IAIN Ambon in the implementation of the Merdeka Learning Campus Merdeka (MBKM) program related to preparation for implementation, inadequate equipment and budget constraints. The purpose of writing is to design the development of the Ambon IAIN MIPA Laboratory to support the MBKM Program and provide policy recommendations for the development of the Ambon IAIN MIPA Laboratory. The research location that became the locus was the MIPA Laboratory of IAIN Ambon with the nature of exploratory qualitative research. Data collection techniques were carried out in the form of literature studies including from several books, journals, online articles. Analysis of the problems being faced and discussion of alternative development policies required using domain analysis. The results of the analysis of the development of the Ambon IAIN MIPA Laboratory must be upgraded from a Type II Laboratory (Basic Science Laboratory) to a Type IV Laboratory (Integrated Laboratory). Recommendations include the facilities and infrastructure of the Ambon IAIN MIPA Laboratory which still need to be improved by adding laboratory buildings/rooms and category 3 laboratory equipment (equipment that is difficult to operate and maintain, has high risk of use, high accuracy of measurement accuracy, complicated operation and requires special training and certificate laboratory assistants). The total budget and human resources of the Ambon IAIN MIPA Laboratory need to be increased through institutional cooperation and the recruitment of professional functional experts.
Keywords: development, laboratory, program
ABSTRAK
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada Laboratorium Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) IAIN Ambon dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terkait persiapan pelaksanaan, peralatan yang belum memadai serta keterbatasan anggaran. Tujuan penulisan adalah mendesain pengembangan Laboratorium MIPA IAIN Ambon untuk mendukung Program MBKM dan memberikan rekomendasi kebijakan untuk pengembangan Laboratorium MIPA IAIN Ambon. Lokasi penelitian yang menjadi locus yaitu Laboratorium MIPA IAIN Ambon dengan sifat penelitian kualitatif eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa studi literatur diantaranya dari beberapa buku, jurnal, artikel online. Analisis terhadap permasalahan yang sedang dihadapi dan pembahasan atas alternatif kebijakan pengembangan yang diperlukan menggunakan analisis domain. Hasil analisis pengembangan Laboratorium MIPA IAIN Ambon harus ditingkatkan dari Laboratorium Tipe II (Laboratorium Ilmu Dasar) menjadi Laboratorium Tipe IV (Laboratorium Terpadu). Rekomendasi diantaranya sarana dan prasarana Laboratorium MIPA IAIN Ambon masih harus dibenahi dengan penambahan gedung/ruang laboratorium serta peralatan laboratorium kategori 3 (peralatan yang pengoperasian dan perawatannya sulit, risiko penggunaan tinggi, akurasi kecermatan pengukuran tinggi, pengoperasian rumit serta perlu pelatihan khusus dan laboran sertifikat). Jumlah anggaran dan sumber daya manusia Laboratorium MIPA IAIN Ambon perlu ditingkatkan melalui kerjasama kelembagaan dan perekrutan tenaga ahli fungsional yang profesional.
Kata Kunci: pengembangan, laboratorium, programReferences
Buku/Prosiding/Skripsi/Tesis
Badan Pusat Statistik, Statistik Pendidikan 2021, Jakarta, 2021
Meylan Saleh, Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19, Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 2020
Panduan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Dalam Kurikulum Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Jakarta, Desember 2020
Siti Malikatun, Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Berbasis Karakter Bagi Siswa di MTs Tarbiyatus Shibyan Margomulyo Juwana Pati Tahun Pelajaran 2019/2020, IAIN Kudus, 2020
Jurnal
Almira Amir, Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika, Logaritma Volume II No. 01, 2014
Atika Sis Rahwati, Andari Puji Astuti, Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Kimia Terhadap Keterampilan Pembelajaran Laboratorium Siswa Kelas XII SMA N 11 Semarang, Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, Volume 05 No. 01, 2017
Binti Muakhirin, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD, Jurnal Ilmiah Guru COPE, No. 01/TahunXVIII/Mei 2014
Endang Sulistiyani dkk, Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Kesehatan dan Non Kesehatan, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022
I Wayan Edi Warsawan, Ni Putu Santi Suryantini, Pengembangan Organisasi; Implementasi Dari Nilai Untuk Keberlanjutan Organisasi, Forum Manajemen, Volume 14 No. 1, 2016
Muliadi dkk, Sosialisasi dan Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium pada Dosen dan Laboran Fakultas Mipa Universitas Tanjungpura, Journal of Community Engagement in Health, Vol. 5 No.1, Maret 2022
Nurhayani Siregar dkk, Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0, Fitraj: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 Juni 2020
Sukron Ma’mun, Evaluasi Efektivitas Program Pembinaan Lanjut Pada Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina Remaja Pamekasan, Reformasi Volume 9 No. 1, 2019
Ulil Amri dkk, Perilaku Dan Pengembangan Organisasi Pendidikan Review Disain Intervensi, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 No. 4 Tahun 2021
Peraturan/Dasar Hukum
Peraturan Menteri Agama No. 74 Tahun 2022 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Agama No. 21 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Ambon
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Internet
Nadiem Anwar Makarim, Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru nasional Tahun 2019, Jakarta, 2019
PKBM Smart Learning Center, Merdeka Belajar dan Paradigma Kebijakan Pendidikan, Desember 4, 2021, http://pkbmslc-sintang.com/2021/12/04/merdeka-belajar-dan-paradigma-kebijakan-pendidikan/