IMPLEMENTASI FATWA DSN MUI NOMOR 115/DSN-MUI/IX/2017 TENTANG MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PRODUK MUDHARABAH DI BTN SYARIAH KCP INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v5i02.6925Abstract
Abstract:
Implementation of the MUI DSN Fatwa is one of the regulations that is specifically made and must be implemented for sharia economic activities, one of which is in the sharia-based banking sector, one of the sharia banking products that is based on the fatwa is the mudharabah product listed in the MUI DSN fatwa Number 115/DSN-MUI /IX/2017 regarding mudharabah. Apart from the DSN MUI fatwa, sharia banks must improve product service, whether the products they release are in accordance with the fatwa and in accordance with the needs of the surrounding community, product service is an effort by the company to meet community expectations for the products the company releases. This research is field research using interview methods with employees of BTN Syariah KCP Indramayu. Based on the results of research that all mudharabah products are appropriate and fulfill the requirements determined by the DSN MUI fatwa Number 115/DSN-MUI/IX/2017 concerning mudharabah as seen by people. the contract, capital, highlight and ratio as well as the DSN MUI fatwa Number 115/DSN-MUI/IX/2017 have a huge impact on the level of product service because the mudharabah products issued by the bank are in accordance with the expectations of customers and BTN Syariah KCP
Keywords: implementation, mudharabah, product service
Abstrak
Implemestasi Fatwa DSN MUI merupakan salah satu peraturan yang dibuat khusus dan harus diterapkan untuk kegiatan ekonomi syariah salah satunya pada sektor bank yang berlandas syariah, salah satu produk perbankan syariah yang berlandaskan fatwa yaitu produk mudharabah yang tercantum pada fatwa DSN MUI Nomor 115/DSN-MUI/IX/2017 tentang mudharaba. selain dengan dengan fatwa DSN MUI bank syariah harus meningkatkan sebuah pelayanan produk apakah produk yang dikelurakan sudah sesuai dengan fatwa dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar, pelayanan produk adalah sebuah usah dari perusahaan untuk memenuhi ekspetasi masyarakat terhadap produk yang perusahaan tersebut keluarkan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode wawancara dengan karyawan BTN Syariah KCP Indramayu.berdasarkan hasil penelitian bahwasannya semua produk mudharabah sudah sesuai dan memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh fatwa DSN MUI Nomor 115/DSN-MUI/IX/2017 tentang mudharabah yang dilihat dari orang yang berakad,modal,shighot dan nisbahnya serta fatwa DSN MUI Nomor 115/DSN-MUI/IX/2017 memilki dampak yang begitu besar bagi tingkat pelayanan produk dikarenakan produk mudharabah yang dikeluarkan oleh pihak bank sudah sesuai dengan harapan nasabah dan BTN Syariah KCP Indramayu
Kata Kunci: implementasi, mudharabah, pelayanan produkReferences
Firmansyah, Mulhammad, and Masruln Masruln. "Elselnsi Pelrbeldaan Meltodel Kulalitatif Dan Kulantitatif." Ellastisitas-Julrnal Elkonomi Pelmbangulnan 3.2 (2021): 156-159.
Krisdianti, Dika Lambang, and Fakulltas Ilmul Administrasi. 2019. “Pelngarulh Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Konsulmeln Pada Relstoran Pizza Hult Malang Town Sqularel” 70 (1): 36–44. Malik Ibrahim Siti Marijam Thawil. 2019. “Pelngarulh Kulalitas Produlk Telrhadap Kelpulasan Pellanggan” 4 (1): 175–82.
Lajamani, Bahraelni. Implelmelntasi Fatwa DSN MUlI No: 115/DSN-MUlI/IX/2017 Telrhadap Akad Muldharabah Pada Tabulngan Relncana Di Bank Melga Syariah Cabang Palul. Diss. IAIN Palul, 2020.
Nulrrachmi, Layla, and Zulraidah Zulraidah. "Optimalisasi bagi hasil pada produlk Nulrull Iflaha, “Konselp Akad Muldharabah Mulstarakah Dalam Elkonomi Islam”, Julrnal Elkonomi Syariah, Vol. 1, No. 1 (Selptelmbelr 2019): 5.
Nulrull Iflaha, “Konselp Akad Muldharabah Mulstarakah Dalam Elkonomi Islam”, Julrnal Elkonomi Syariah, Vol. 1, No. 1 (Selptelmbelr 2019): 5.
Rahmawati, Rizky Delvi, elt al. "IMPLElMElNTASI SIMPANAN BElRJANGKA SYARIAH DElNGAN AKAD MUlDHARABAH PElRSPElKTIF FATWA DSN MUlI NO. 03/DSN-MUlI/IV/2000:(Stuldi Di Bmt Assyafi’iyah Belrkah Nasional Cabang Meltro).IQTISODINA 5.1 (2022): 81-87.
Soelkanto, Soeljono. Sri Mahmuldi. Pelnellitian Hulkulm Normatif Sulatul Tinjaulan Singkat, Jakarta. PT Raja Grafinto, 2014.
Sulgiono, Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif dan R&D.:Alfabelta.2017
Sulpandi, Ach Faqih. "Optimalisasi Akad Muldharabah Dalam Pelrbankan Syariah:(Analisis Telrhadap Akad Muldharabah Dan Rellelvansinya Pada Fatwa DSN-MUlI Di Indonelsia)." Julrnal Istiqro 5.1 (2019): 72-82.
Tjiptono & Chandra, G. 2. Pelmasaran Stratelgik. Eldisi Kuldula. Yogyakarta: ANDI. Tjiptono, Fandy dan G.2011
Tjiptono, Fandy. Selrvicel, Qulality & Satisfaction (Yogyakarta: CV Andi Offselt) 2012
Ulbaidillah, M. Ibnul. Implelmelntasi Fatwa Delwan Syariah Nasional No. 51/DSN MUlI/III/2006 Telntang Akad Muldharabah Mulstarakah Pada Asulransi Syariah Di PT. Aj Celntral Asia Raya Cabang Cirelbon. Diss. S1 Hulkulm Elkonomi Syariah/Mulamalah IAIN Syelkh Nulrjati Cirelbon, 2022.
Wijaya, Agulng Pratama, elt al. "Praktik Akad Muldharabah Antara Pelmilik Kapal Dan Nellayan Di Pasarpalik Belngkullul Ultara." Managelmelnt Stuldiels and Elntrelprelnelulrship Joulrnal (MSElJ) 3.1 (2022): 314-324