ETOS KERJA DALAM ISLAM

Binti Nur Aisyah

Abstract


Paper ini bertujuan untuk menghasilkan deskripsi tentang etos kerja dalam Islam. Tema ini dilatarbelakangi oleh fenomena mu’amalah guna pemenuhan kebutuhan keluarga, membutuhkan suatu nilai, dorongan sehingga menghasilkan output yang maksimal dan tidak merugikan oran lain.
Paper ini ditulis dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deksriptif. Pendekatan kualitatif untuk menggambarkan literasi etos kerja dengan norma Islam. Jenis deskriptif untuk menggambarkan secara detail terkait fenomena etos kerja Islam di masyarakat dari berbagai penelitian.
Hasil dari paper ini antara lain; etos kerja Islam merupakan sikap yang muncul atas cerminan dari nilai ilahiah, dalam bentuk sikap kerjasama, tidak saling merugikan, musyawarah dalam pencapaiannya dll yang mempengaruhi kerja dan kinerja seseorang sehingga mendapatkan ridlo Allah SWT. Etos kerja Islam diwujudkan dalam berbagai sikap; Disiplin, ikhlaas, jujur, komitmen, istiqomah, pengendalian diri, kreatif, bertanggungjawab, melayani, bermartabat, nilai kepemimpinan, berpandangan jauh ke depan, efisien, enterpreneur, bersaing, mandiri, belajar, motivasi musyafir, kesehatan, kuat dan pantang menyerah, produktif, berkomunikasi, berperubahan. Fenomena menunjukkan bahwa pengusaha muslim pada umumnya memiliki hubungan kerja islami, nilai-nilai bagus, kerja keras, jujur, benar, adil dan bijak. Paper ini bermanfaat untuk pengembangan dan pencapaian kebutuhan masyarakat yang berkeadilan dan menuju ridlo-Nya.

Kata kunci: Etos, kerja, Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.