Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Analisis Sumber-Sumber Filantropi dalam Laporan Keuangan Harvard University Tahun 2021-2023

Authors

  • Aisyah Indah Fajar Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Nimas Haryudha Ayu Anggraini Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Shokhibul Mighfar Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Filantropi menjadi salah satu sumber pendapatan tertinggi dalam bidang pendidikan sehingga memiliki andil yang cukup besar dalam mengembangkan pendidikan. Tujuan adanya penelitian ini untuk menganalisis sumber-sumber filantropi dalam laporan keuangan Harvard University dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filantropi memberi dana tertinggi pada sumber pendapatan Harvard University pada tahun 2021-2023. Sumber dana filantropi berasal dari sponsor pemerintah federal dan non-federal. Walaupun menjadi sumber dana tertinggi, sumber pendapatan filantropi mengalami penurunan pada tahun tersebut. Lebih tepatnya, pada tahun 2021 dana filantropi sebesar 49% turun menjadi 45% pada tahun 2022, dan tahun 2023 besarnya masih sama dengan tahun 2022 yakni sebesar 45%. Turunnya jumlah filantropi Harvard University tahun 2021-2023, dipengaruhi oleh turunnya dana sponsor dari pemerintah non-federal dan turunnya jumlah dana abadi dalam rentan tiga tahun berturut-turut. Walaupun sponsor dari pemerintah federal dan sumbangan distribusi mengalami peningkatan setiap tahun, ternyata menurunnya sponsor dari pemerintah non-federal dan menurunnya dana abadi sangat mempengaruhi penurunan jumlah filantropi Harvard University tahun 2021-2023.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Fajar, A. I., Nimas Haryudha Ayu Anggraini, & Mighfar, S. (2025). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Analisis Sumber-Sumber Filantropi dalam Laporan Keuangan Harvard University Tahun 2021-2023. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 3(1), 20–28. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/9381