Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Analisis Sumber-Sumber Filantropi dalam Laporan Keuangan Harvard University Tahun 2021-2023
Abstract
Filantropi menjadi salah satu sumber pendapatan tertinggi dalam bidang pendidikan sehingga memiliki andil yang cukup besar dalam mengembangkan pendidikan. Tujuan adanya penelitian ini untuk menganalisis sumber-sumber filantropi dalam laporan keuangan Harvard University dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filantropi memberi dana tertinggi pada sumber pendapatan Harvard University pada tahun 2021-2023. Sumber dana filantropi berasal dari sponsor pemerintah federal dan non-federal. Walaupun menjadi sumber dana tertinggi, sumber pendapatan filantropi mengalami penurunan pada tahun tersebut. Lebih tepatnya, pada tahun 2021 dana filantropi sebesar 49% turun menjadi 45% pada tahun 2022, dan tahun 2023 besarnya masih sama dengan tahun 2022 yakni sebesar 45%. Turunnya jumlah filantropi Harvard University tahun 2021-2023, dipengaruhi oleh turunnya dana sponsor dari pemerintah non-federal dan turunnya jumlah dana abadi dalam rentan tiga tahun berturut-turut. Walaupun sponsor dari pemerintah federal dan sumbangan distribusi mengalami peningkatan setiap tahun, ternyata menurunnya sponsor dari pemerintah non-federal dan menurunnya dana abadi sangat mempengaruhi penurunan jumlah filantropi Harvard University tahun 2021-2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).