Manajemen Manajemen Strategi Sekolah Unggul Di Daerah Tertinggal: Studi Kasus Sekolah Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Ambon

Manajemen strategi, pusat keunggulan, pendidikan vokasi, daerah tertinggal, SWOT, SMK Muhammadiyah Ambon.

Authors

  • Fahrul Pratama Salim Fahrul -
  • Habiba Waliulu IAIN Ambon
  • La Sugi IAIN Ambon

Abstract

Keunggulan di wilayah tertinggal. Fokus utama penelitian meliputi peningkatan sumber daya manusia (SDM), kemitraan strategis, dan pengembangan program berbasis kebutuhan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen dilakukan melalui peningkatan kompetensi pendidik melalui pelatihan, kolaborasi industri seperti magang dan kehadiran praktisi sebagai pendidik tamu, serta pengembangan program seperti proyek miniatur rumah dan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSA). Analisis SWOT menunjukkan bahwa SMK Muhammadiyah Ambon memiliki keunggulan dalam fasilitas praktik, peluang kerjasama internasional, namun juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan sarana teknologi dan kesiapan siswa dalam penguasaan keterampilan. Strategi antisipatif yang melibatkan seluruh jenjang organisasi dan pemantauan berkala menjadi kunci dalam menjaga keberlanjutan program. Penelitian ini merekomendasikan penguatan infrastruktur dan pengadaan pelatihan bahasa asing guna meningkatkan kualitas manajemen strategi ke depan.

Downloads

Published

2025-05-02

How to Cite

Fahrul, F. P. S., Habiba Waliulu, & La Sugi. (2025). Manajemen Manajemen Strategi Sekolah Unggul Di Daerah Tertinggal: Studi Kasus Sekolah Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Ambon: Manajemen strategi, pusat keunggulan, pendidikan vokasi, daerah tertinggal, SWOT, SMK Muhammadiyah Ambon. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 3(1). Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/9503