PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 3 TANIWEL KECAMATAN TANIWEL BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Authors

  • Rini Assel

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v3i1.2542

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the role of Islamic religious education teachers in overcoming the difficulties of students reading the Qur'an at SMP Negeri 3 Taniwel, West Taniwel District, West Seram Regency. The type of research is descriptive qualitative research. The results of the study indicate that the role of Islamic religious education teachers in overcoming the difficulties of students reading the Koran at SMP Negeri 3 Taniwel includes; a. The teacher as a teacher, the role of the teacher as a coach, the teacher as an example. Factors supporting the implementation of the duties or roles of Islamic religious education teachers are facilities and infrastructure (learning media), teacher awareness in carrying out responsibilities and student learning motivation. Inhibiting factors are the lack of time allocation and lack of parental attention.

 

Keywords: Islamic Religious Education, Difficulty Reading The Qur'an.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Taniwel Kecamatan Taniwel Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an SMP Negeri 3 Taniwel meliputi; a. Guru sebagai pengajar, Peran guru sebagai pelatih, Guru sebagai teladan. Faktor pendukung pelaksanaan tugas atau peranan guru pendidikan agama islam adalah Sarana dan prasarana (media pembelajaran),  Kesadaran guru dalam melaksanakan tanggung jawab dan  Motivasi belajar peserta didik. Faktor penghambat yakni Kurangnya alokasi waktu dan Kurangnya perhatian orang tua.     

References

Syamsu Yusuf. Juntika Nurihsan. Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

A.M., Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar. Cet. XII, Jakarta: Rajawali, 2000.

Abdul Aziz, Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta, Teras, 2009.

Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Ahmadi, Abu, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: Geman Insani Press, 2008.

Ali, H. Muhammad. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Pelajar, 2004.

al-Qattan, Manna’ Khalil. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press. 2004.

al-Syeikh, Syeikh Saleh ibn Abdul Aziz ibn Muhammad. Al-Qur’an dan terjemahanya, (Madinah Al- Munawaroh: Mujamma’ Malik Fahd li Thiba’at Al- Mushaf Asy-Syarif, t.t.

An Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Gema Insani Press: Jakarta, 2005.

Arif, Arifudin. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2008.

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta, 2013.

Assegaf, Abd. Rachman. Studi Islam Kontekstual. Yogyakarta: Gema Insani Press, 2005.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 2014.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Gema Insani Press, 2011.

Hanifah. Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta didik di SMPIslam Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan; Skripsi. Jakarta: 2011.

Hasim, Iris Gunawan. Kajian Global Al-Qur’an. Sidoarjo, 2008.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Gema Insani Press, 2011.

Indrawan, Irjus. Pengantar Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Khalil, Moenawar. Al-Qur’andari Masa ke Mas. Solo. 2005.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Nurfuadi. Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Pres, 2012.

Riyadh, Sa’ad. Anakku, Cintailah Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta 2007.

Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokrasi. Cet. I, Jakarta: Kencana, 2004.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Subini, Nini. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Sudjana, Nana. Cara Belajar Siswa Aktif. Cet. III. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2006.

Suparlan. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.

Syam, Yunus Hanis. Fasih Baca al-Qur’an. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Tadjab. Ilmu Jiwa Pendidikan. Cet. I, Surabaya: Karya Abitama, 2004.

Taqwim, Umar. 7 ½ Jam Bisa Membaca Al-Qur’an. Sukoharjo: Sinar Baru Algensindo Offset, 2013:

Thabathaba’i, Sayyid Muhammad Husain. Memahami Esensi Al-Qur’an diterjemahkan dari Al-Qur’an fi al-Islam oleh Idrus Alkaf. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Usman. Metafora al-Qur’an Dalam Nilai-Nilai Pendidikan dan Pengajaran. Yogyakarta, 2010.

Downloads

Published

2022-02-14