PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI I TELUTIH KABUPATEN MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33477/kjim.v3i2.2604Abstract
Abstrak: Kompetensi profesional, yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru dalam proses pembelajaran. Guru mempunyai tugas untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, untuk itu guru dituntut mampu menyampaikan bahan pelajaran. Guru harus selalu mengupdate dan menguasai materi yang disajikan. Persiapan diri tentang materi diusahakan dengan jalan mencari informasi melalui berbagai sumber seperti membaca buku-buku terbaru, mengakses internet, selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan terakhir tentang materi yang disajikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di Kelas VII SMP Negeri I Telutih Kabupaten Maluku Tengah dan untuk mengetahui peran kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Kelas VII SMP Negeri I Telutih Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan instrumen wawancara, yang dilaksanakan pada tanggal 22 November 2018 sampai dengan 22 Desember 2018 di SMP Negeri I Telutih, dengan subyek penelitian adalah 3 orang peserta didik dan 1 guru mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis data non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik di Kelas VII SMP Negeri I Telutih Kabupaten Maluku Tengah meningkat dengan adanya profesinalisme guru dalam proses pembelajaran, yakni terdapat 17 peserta didk yang tuntas dengan persentase 85% dan 3 peserta didik tidak tuntas dengan persentase 15% dan peran kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Kelas VII SMP Negeri I Telutih Kabupaten Maluku Tengah adalah guru PAI mengajar sesuai dengan kompetensi professional pelajaran yang diampunya, yakni mengajar mata pelajaran agama sehingga meningkatkan prestasi belajar peserta didik.`
Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar
Abstract: Professional competence, namely the ability that must be possessed by teachers in the learning process. Teachers have the task of directing student learning activities to achieve learning objectives, for that teachers are required to be able to deliver lesson materials. Teachers must always update and master the material presented. Self-preparation of the material is attempted by seeking information through various sources such as reading the latest books, accessing the internet, always following the latest developments and progress on the material presented. The purpose of this study was to determine the learning achievement of students in Class VII SMP Negeri I Telutih, Central Maluku Regency and to determine the role of professional competence of PAI teachers in improving student achievement in Class VII SMP Negeri I Telutih, Central Maluku Regency.
This type of research is a quantitative research with a descriptive approach, using an interview instrument, which was carried out on November 22, 2018 to December 22, 2018 at SMP Negeri I Telutih, with the research subjects being 3 students and 1 PAI subject teacher. The data collection technique used observation, interviews and documentation, while the data analysis technique used non-statistical data analysis.
The results showed that the learning achievement of students in Class VII SMP Negeri I Telutih, Central Maluku Regency increased with the professionalism of the teacher in the learning process, namely there were 17 students who completed with a percentage of 85% and 3 students did not complete with a percentage of 15% and the role of The professional competence of PAI teachers in improving the learning achievement of students in Class VII SMP Negeri I Telutih, Central Maluku Regency is that PAI teachers teach according to the professional competence of the subjects they teach, namely teaching religious subjects so as to improve student learning achievement.`
Keywords: Professional Competence, Learning Achievement
References
Amin, Mansyur. 2011. Pengantar Ke Arah Metode Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Agama Islam I. Yogyakarta: P3M IAIN Sunan Kalijaga.
Anonim. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Departemen Agama Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam. 2002. Wawasan Tugas Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT. Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2011. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana
Nour, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Pranada Media Group
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sohiatin, Popi dan Sohari Sahrani. 2011. Psikologi Belajar Dalam Perspektif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryasubrata, Sumadi. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Usman, Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sarwono, Jonatan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahab. 2011. Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: Robar Bersama