PEMBELAJARAN KITAB SAFINAH AN-NAJAH DAN IMPLEMENTASINYA di KALANGAN MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN AMBON

Authors

  • Jumadi Landjai IAIN AMBON

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v4i1.2958

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pada pembelajaran kitab Safinah An-Najah materi yang diajarkan berupa dasar-dasar syari’at, tata cara bersuci, tata cara beribadah berupa shalat, puasa, zakat, serta tata cara merawat jenazah. Metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab Safinah An-Najah sesuai dengan metode yang pada umumnya digunakan oleh pesantren dalam pembelajaran kitab kuning yaitu metode bandongan dan sorogan. Untuk evaluasi dari pembelajaran kitab Safinah An-Najah dilakukan seminggu sekali dengan ustadz menunjuk mahasantri untuk membaca ulang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya. (2) Adapun proses implementasi mahasantri terkait dengan materi thaharah dan shalat sudah diterapkan dengan baik oleh mahasantri dalam kehidupan sehari-hari, ini dibuktikan dengan perubahan tingkah laku mahasantri berupa aktivitas ibadah yang semakin membaik dikarenakan materi yang mereka dapatkan tidak disimpan pada memori otak saja melainkan mereka implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran kitab Safinah An-Najah yaitu; pengajar/ustadz dan fasilitas, dimana kemampuan ustadz dalam menyampaikan materi dengan baik, selain itu fasilitas yang mendukung berupa kitab yang sudah tersedia, dan ruang belajar yang nyaman. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu; dari diri santri itu sendiri dimana kurangnya manajemen waktu dengan baik sehingga masih ada  mahasantri yang telambat dalam mengikuti pembelajaran kitab Safinah An-Najah.

Kata kunci: Pembelajaran Kitab Safinah An-Najah  dan Implementasi

References

Astuti, K. a. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakata: CV Andi Offset.

Firdianti, A. (n.d.). implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Yogyakarta: CV. Gre Publishing.

Kadir, A. (2012). dasar-dasar pendidikan. jakarta: kencana.

penyusun, t. (2012). undang-undang republik indonesia No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. bandung: citra umbara.

Observasi, Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon, 22 Februari-22 Maret 2021

RAsikh, A. (2018). pembelajaran kitab kuning pada pondok pesantren khusus Al-Halimy desa sesela kabupaten lombok barat. keislaman , 72.

RI, d. a. (2005). Al-Qur'an dan Terjemahan. bandung: PT Syamil Cipta Media.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sangadji, S. B. (2018). pesan direktur ma'had dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan islam di ma'had al-jamiah IAIN Ambon. skripsi, 39.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metodologi Penelitian Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

sumai, A. A.-S. (n.d.). Fiqh Ibadah. semarang: PT Karya Toha Putra.

Downloads

Published

2022-07-11