IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU (IT) AS-SALAM AMBON

Authors

  • Siti Maselah Polpoke, Nursaid, Nurhasanah IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v1i1.881

Abstract

Abstrak SMP IT As-Salam Ambon merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berusaha meningkatkan mutu pendidikan dengan menyelenggarakan full day school sebagai media pembentuk karakter disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi program full day school dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik di SMP IT As-Salam Ambon dan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik di SMP IT As-salam Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan guru wali kelas, dan peserta didik laki-laki. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul di Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan sejak tanggal 18 Maret 2019 sampai dengan 18 April 2019, berlokasi di SMP IT As-Salam Ambon. Jln Kebun cengkeh Batumerah, Kecamatan sirimau, kota Ambon, Provinsi Maluku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implementasi program full day school dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik di SMP IT As-Salam Ambon, terdapat beberapa program yang dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas, adapun program di luar kelas diantaranya: Muraja’ah, Shalat berjama’ah, Mengadakaan kultum setelah shalat asar, Pembinaan karakter pada hari jum’at dan pembinaan karakter pada hari sabtu. Faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik, diantaranya: Adapun faktor pendukung yaitu: Adanya pelajaran muatan lokal yang bersumber dari kurikulum yayasan, Komunikasi antara guru dan peserta didik berjalan dengan baik. Sedangkan faktor penghambat, yaitu: Lokasi rumah dan sekolah yang begitu jauh, Peserta didik kelelahan, dan Sarana prasarana yang tidak memadai.

References

Abdul Malik Karim Amrullah, Djumramsjah. Pendidikan Islam : Menggali Tradisi Meneguhkan Eksistensi, Malang : UIN Malang Press, 2007.

Al Hasan, Yusuf Muhammad. Pendidikan Anak Dalam Islam, Jakarta :Darul Haq, 2004.

Amin, Ahmad. Etika, Jakarta : Bulan Bintang, 1975.

Andrews, Julie. discipline, dalam shelia ellison and barbara an barnet ph.d, 365 ways to help your children grow, sourcebook, naperville, llinois, 1996.

At Taumy Al Syaibany, Omar Muhammad. Filsafat Pendidikan Islam: Terjemah Hasan Langgulung, Jakarta : Bulan Bintang, 1979.

Brierly, John. Give Me A Child Until The Is Seven, Brain Stadies Early Childhood Education, The Falmes Perss, London And Washington DC, 1994.

Daradjad, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Daradjat, Zakiyah. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta : Bulan Bintang, 1970.

Djoko Widagdho, Dkk. Ilmu Budaya Dasar, Jakarta : Bumi Aksara, 1994.

Draver, Jawes. Kamus Psikologi, Jakarta : Bina Aksara, 1986.

E.B, Hurlock. Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga, 1993.

H.B., Bafirman. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes, Jakarta : Kencana, 2016.

Hakim, Tursan. Belajar Secara Efektif, Jakarta : Puspa Swara, 2001.

Hasan, Nor. Full day School, (Model Alternatif Pembelajaran bahasa Asing), Jurnal Pendidikan Tadris. Vol 1.Nol, 2006.

Horby, As. Oxford Advanced Distionary Of Current English, Oxford University Press, Oxford, 1986.

Http://ejournal. Sunan.ampel.ac.id/index.php/antologi/article/view/318/257

http://firdausmastapala.blogspot.com/2019/01/problematika-pendidikan-modern.html

Http://mufidati2318.blogspot.com/?m=1

http://nandasyakirah.blogspot.com/2017/03/program full-day-school.html?m=1

Http://Www.Sekolah Indonesia.com/Alirsyad//Smu/Muqaddimah/Htm

Https://m.Kumparan.com/@Kumparannews/ini-isi-peraturan-mendikbud-tentang-full-day-school

Ikromi, Moch. Pengembangan Manajemen Sistem Pendidikan, tesis Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, 2005.

Kasiran, Muhammad. Ilmu Jiwa Perkembangan, Usaha Nasional, Surabaya : 1983.

Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Ilmu, 2004.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Gaya Media Pratama, 2001.

Nawawi, Hadari. Pendidikan Dalam Islam, Surabaya : Al-Ikhlas, 1993.

Ngalim Purwanto, M. Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Patoni, Achmad. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Bina Ilmu, 2004.

Pidarta, Made. Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar, Jakarta : Grafindo, 1995.

Poerbakawatja, Soegarda. Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 2007.

Prijodarmanto, Soegeng. Disiplin Kiat Menuju Sukses,Jakarta: Pradnya Paramita, 1994.

Qutb, Muhammad. Sistem Pendidikan Islam, Bandung : PT. Al-Ma’arif, 1993.

Saddam, Husein Sahrawi Saimima. "ROLE OF THE TEACHER'S DISCUSSION SUBJECTS IN ENHANCING THE COMPETENCE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS." al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4.1 (2019): 104-110.

Salim, Peter. Advanced English-Indonesia Distonary, Jakarta : Modern English Press, 1988.

Sastrapraja, Kamus Istilah Pendidikan dan umum, Usaha Nasional, Surabaya : 1987.

Sastropoetra, Santoso. partisipasi, komunikasi, persuasi dan disiplin dalam pembangunan nasional, bandung :Alumni.

Schaefer, Charles. Bagaimana Membimbing, Mendidik dan Mendisiplinkan Anak Secara Efektif, Jakarta : Restu Agung, 2000.

Schaefer, Charles. Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplin Anak, Jakarta : Mitra Utama, 1980.

Subari, Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara, 1994.

Sukardi, Dewa Ketut. Bimbingan Karir Di Sekolah-Sekolah, Jakarta : CV. Ghalia Indonesia.

Sulistyaningsih, Wiwik. Full Day School & Optimalisasi Perkembangan Anak, Yogyakarta : Paradigma Indonesia, 2008.

Sulono, Aan. Pendidikan Moral Pancasila, Jakarta: Intan Pariwara, 1988.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dangan Pendekatan Terpadu, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Tafsir, Akhmad. Ilmu Pendidikan Islam Perspektif Islam, Bandung : PT.Remaja Rosdakarya, 2010.

Tim Pakar Yayasan Jati Diri Bangsa, Pendidikan Karakter di Sekolah Dari Gagasan Ke Tindakan, Jakarta : PT.Gramedia, 2011.

Tim Penyusun kamus pusat pembinaan dan pengembangan bahasa, kamus besar bahasa indonesia, jakarta : balai pustaka, 1997.

Ulwan, Abdul Nasih. Pendidikan Anak Menurut Islam, Kaidah-Kaidah Dasar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1992.

Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 31 Ayat 3

Downloads

Published

2019-01-17