UPAYA GURU KELAS DALAM MENANAMKAN SELF-AWARENESS BERBASIS KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) MALUKU PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 AMBON

Safia Safia, Mohammad Rahanjamtel, Siti Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya yang guru lakukan, faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menanamkan Self-Awareness berbasis nilainilai kearifan lokal Maluku pada peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis, teknik pengumpulan data melalui interview atau wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang guru lakukan untuk menanamkan Self-Awareness pada peserta didik berupa menjadi role model untuk peserta didik, pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal maluku dalam pembelajaran, memberikan bimbingan nasehat atau konseling terstruktur, mengontrol peserta didik dan melakukan kerjasama dengan orang tua/ wali peserta didik. Berdasarkan upaya tersebut tentunya memiliki faktor pendukung yang berasal dari eksternal peserta didik berupa pembiasaan di rumah, teman bergaul, dan budaya madrasah. Sedangkan faktor pendukung internal berupa pribadi peserta didik. Upaya ini juga memiliki faktor penghambat yang berasal dari eksternal peserta didik berupa faktor lingkungan yang kurang baik dan kegiatan Madrasah yang hanya berpatokan pada nilai-nilai agama. Sedangkan faktor penghambat internal berupa faktor psikologi peserta didik. Kata kunci: Guru Kelas, Self-Awareness, Nilai-nilai kearifan lokal Maluku

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

Jurnal Induksi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh LP2M IAIN Ambon