Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v9i1.2458

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan pun terus menerus dilakukan, baik secara konvensional maupun inovatif. Hal tersebut lebih terfokus lagi setelah diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan pun terus menerus dilakukan, baik secara konvensional maupun inovatif. Hal tersebut lebih terfokus lagi setelah diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang pelaksanaannya terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pallangga dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus (siklus I dan siklus II), dimana pelaksanaan tindakan siklus I dengan siklus II merupakan rangkaian saling berkaitan. Pelaksanaan tindakan pada siklus II merupakan kelanjutan dari pelaksanaan tindakan pada siklus I. Hasil belajar siswa kelas VIII-1 pada konsep Sistem pencernaan pada manusia yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkat meningkat. Siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,76 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 73,65. Peningkatan hasil belajar ini juga dikuti oleh peningkatan aktiivitas belajar siswa

Author Biography

Dian Safitri, Universitas Muhammadiyah Makassar

Pendidikan Biologi

References

Angkowo, R. & A. Kosasih. 2007. Optmalisasi Media Pembelajaran. Jakarta. Grasindo.

Haling, Abd. 2004. Belajar dan Pembelajaran (Suatu ringkasan). Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar.

Hamalik, Oemar. 1994. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Ibrahim, M., dan Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. University Press. Surabaya.

Jati, Wijaya. 2007. Aktif Biologi 2. Ganeca. Jakarta.

Karmila, Sri. 2007. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembeajaran Kooperatif Struktural Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa SMA Negeri Makassar (Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan). Skripsi Jurusan Kimia FMIPA. Makassar.

Lie, Anita. 2004. Cooperatif Learning. Grasindo. Jakarta.

_______. 1999. Model Pembelajaran Gotong Royong, Citra Media. Surabaya.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasinya. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nasution, M.A. 1987. Kurikulum Dan Pengajaran. Bumi Akasara. Bandung.

Nurhayati B, Lukman Wellang Sappe. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Prawirohartono, Slamet. 2005. Sains Biologi 2b. Bumi Aksara. Jakarta.

Rahmawati. 2006. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FMIPA UNM: Makassar.

Roestiyah. 1989. Didaktik Metodik. Rineka Cipta. Jakarta.

Published

2020-06-09