KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN (STUDI KASUS DI AL-MA 'HAD AL-JAMI'AH IAIN AMBON)

Authors

  • Maimunah Maimunah Institut Agama Islam Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/fkt.v7i2.343

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepemimpinan sebagai salah satu unsur penting dari manajemen sebuah organisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat lebih jauh bagaimana pola kepemimpinan di Ma'had Al-Jamiah dan sejauh mana efektifkas pola kepemimpinan tersebut dalam pengembangan program-program di Ma'had Al-Jamiah IAIN Ambon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Ma'had al-Jami'ah berpola kepemimpinan birokratik, dimana otonomi kepemimpinan ma'had terbatasi oleh kepemimpinan kampus. Kepemimpinan Ma'had al- Jami'ah IAIN Ambon sudah cukup efektif jika dilihat dan aspek hubungan antara pimpinan dan anggota dan struktur tugas dalam situasi kerja. Namun jika dilihat dari aspek kekuasaan, maka kepemimpinan Ma'had al-Jami'ah belum efektif karena belum ada sinergitas antara pimpinan ma'had. pimpinan fakultas dan pimpinan rektorat dalam mem-back up program-program ma'had.

Downloads

Published

2018-01-14

Issue

Section

Articles