KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN (STUDI KASUS DI AL-MA 'HAD AL-JAMI'AH IAIN AMBON)
DOI:
https://doi.org/10.33477/fkt.v7i2.343Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepemimpinan sebagai salah satu unsur penting dari manajemen sebuah organisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat lebih jauh bagaimana pola kepemimpinan di Ma'had Al-Jamiah dan sejauh mana efektifkas pola kepemimpinan tersebut dalam pengembangan program-program di Ma'had Al-Jamiah IAIN Ambon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Ma'had al-Jami'ah berpola kepemimpinan birokratik, dimana otonomi kepemimpinan ma'had terbatasi oleh kepemimpinan kampus. Kepemimpinan Ma'had al- Jami'ah IAIN Ambon sudah cukup efektif jika dilihat dan aspek hubungan antara pimpinan dan anggota dan struktur tugas dalam situasi kerja. Namun jika dilihat dari aspek kekuasaan, maka kepemimpinan Ma'had al-Jami'ah belum efektif karena belum ada sinergitas antara pimpinan ma'had. pimpinan fakultas dan pimpinan rektorat dalam mem-back up program-program ma'had.Downloads
Additional Files
Published
2018-01-14
Issue
Section
Articles