KARAKTERISASI PENALARAN PROPORSIONAL MAHASISWA IAIN AMBON DALAM MEMECAHKAN MASALAH RASIO DAN PROPORSI
DOI:
https://doi.org/10.33477/fkt.v7i2.339Abstrak
Penelitian ini menganalisis penalaran proporsional mahasiswa sebagai guru pre-service yang akan mengajarkan dan mengembangkan penalaran proporsional siswa baik tingkat dasar maupun menengah. Sehingga tujuannya adalah untuk mendeskripsikan penalaran proporsional mahasiswa yakm 'strategi pemecahan masalah rasio dan proporsi pada situasi proporsional dan mengidentifikasi karakteristik penalaran proporsional mahasiswa dalam memecahkan masalah rasio dan proporsi'. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik strategi yang dilakukan subjek merupakan strategi yang pada umumnya dilakukan dalam menyelesaikan masalah proporsi dan rasio yang berkaitan dengan perbandmgan numerik dan masalah nilai hilang, diantaranya karakteristik strategi perkalian yang dilakukan oleh subjek 1 (SI) dan subjek 2 (S2) dan strategi formal yang dilakukan oleh subjek 3 (S3), namun hampir semua subjek melakukan strategi yang sama.Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
2018-01-14
Terbitan
Bagian
Articles