GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH BERBASIS KARAKTER DI MIT NURUL FALAH MASOHI MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33477/jsi.v11i1.3292Keywords:
Gaya kepemimpinan kepala madrasah, Madrasah Berbasis KarakterAbstract
The quality of education in madrasahs is very dependent on the management ability of the head of the madrasa. The quality of the madrasa will be realized because it is led by a professional madrasa head. Character education is expected to be applied in madrasahs to answer the wishes of the community. This study aims to find out how the leadership style of the madrasah head and the efforts of the madrasah head to develop a character-based madrasah at MIT Nurul Falah Masohi. The type of research used in this study is a qualitative descriptive type of research, with data collection techniques by means of observation, interviews and documentation which are then analyzed using the data reduction stage, data presentation and data conclusions.The results of the study concluded that the Head of MIT in leading his madrasa used a democratic and autocratic leadership style. The efforts of madrasah heads in realizing character-based madrasahs include collaborating with IHF (Indonesia Heritage Foundation) to obtain guidance and assistance. The next effort of the head of MIT is to carry out the following steps 1) Attending Training and Mentoring character schools, 2) Implementing a Teacher Mentoring Program, 3) Conducting a Character-Based Curriculum Preparation Work Meeting, and 4) Implementing Guidance and Counseling. Some of the suggestions presented are that there needs to be a soldering of the head of the madrasa for the sake of the effectiveness of the madrasa p[rogram character at MIT Nurul Falah Masohi.
Mutu Pendidikan pada madrasah sangat bergantung pada kemampuan manajemen kepala madrasah. Kualitas madrasah akan terwujud karena dipimpin oleh kepala madrasah yang profesional. Pendidikan karakter sangat diharapkan diterapkan di madrasah untuk menjawab keinginan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dan upaya kepala madrasah untuk mengembangkan madrasah berbasis karakter di MIT Nurul Falah Masohi. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni tipe penelitian deskriptif kualitatif,dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Kepala MIT dalam memimpin madrasahnya menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi dan otokrasi. Upaya kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah berbasis karakter diantaranya adalah bekerja sama dengan IHF (Indonesia Heritage Foundation) untuk mendapatkan panduan dan pendampingan. Upaya kepala MIT selanjutnya adalah melakukan langkah-langkah sebagai berikut 1) Mengikuti Pelatihan dan Pendampingan Sekolah Karakter, 2) Melaksanakan Program Mentoring Guru, 3) Melaksanakan Rapat Kerja Penyusunan Kurikulum Berbasis Karakter, dan 4) Melaksanakan Bimbingan dan Konseling. Beberapa saran yang disampaikan adalah perlu ada pengkaderan kepala madrasah demi keberlangsungan program madrasah berkarakter di MIT Nurul Falah Masohi.
References
Anam, Qidin Khoirul (2014) Kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk karakter peserta didik di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.
Aqib,,Zainal. (2015). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Atmojo ,Yuliati Eko,(2018). Kepemimpinan Trasnformasional Kepala Sekolah. Salatiga: Griya Media.
Anshori ,Isa.Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah .Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bafaadal ,Ibrahim, (1992). Supervisi Pengajran: Teori dan Aplikasi Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: PT. Bumi Aksara,
Bagus,,Lorens .(2005). Kamus Filsafat. Jakarta:Gramedia.
Bush ,Tony & Marlianne Coleman,(2012). Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan, Diterj. Jogjakarta: IRCiSod.Cet.I,
Danim ,Sudarwan. (2006).Visi Baru Manajemen Sekolah dan Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta:Bumi Aksara,2006.
M.Echols ,John dan Hasan Shadily,(2006) Kamus Inggris-IndonesiaI.Jakarta:Gramedia.
Fadjar ,Malik. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas .Bandung: Mizan, hlm. 112
Heryan ,( 30 april 2020 ).Muhammad.Dampak Positf dan Negatif Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi covid-19.diakses pada tanggal 22 Maret 2022 dari Kompasiana.com.
Hidayat ,Ara & I .Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan,konsep,prinsip,dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah
Junaedi, Mahmud (2019). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia group, cet-2.hlm. 202.
Kemenag RI. (2020). Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024. Jakarta: Setjen hlm .58
Kementerian Agama RI. (2019). Al Qur’an dan Terjemahnya. Bogor: UPQ.
Kotter ,J.P. (1997). Leading Change Menjadi Pioner Perubahan. Jakarta: Gramedia.
Kurniadin,Didin dan Imam Machali, (2016).Manajemen Pendidikan, Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Cet.III
Kurniawan ,Syamsul. (2016). Pendidikan Karakter., Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kusmintarjo dan Burhanuddin. (1997). Kepemimpinan Pendidikan Bagi Kepala Madrasah.Jakarta: Depdikbud,
Mulyasa ,E.(2006). Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung: PT. Raja Grafindo.
Mutohar ,Prim Masrokan, (2013). Manajemen Mutu Sekolah, Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nawawi ,Hadari. (2005).Pemimpin dan Kepemimpinan.Jakarta;Rajawali Press.
Nugraha ,Endri Agus. “Membangun dan Mnegembangkan Karaktr Anak dengan Menyelarasakan Pendidikan Keluarga dan Sekolah:, dalam http://freegratissemua-ariendi-blogspot.com
Peraturan Menteri Agama. no.184 Tahun 2019, Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.
Pramudji, (1995).Kepemimpinan Pemrintahan di Indonesia.Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Putra ,Reza H. (2020).Apa Itu Madrasah dan Bagaimana Pengembangan Madrasah?. Diakses pada 20 Maret 2022, dari http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/.
Riyatno ,Ahmad. (2018).Antara Madrasah dan Sekolah. Kawan Islam. Okt 25.
Sagita ,Sheila Auliya.(2019) Kenakalan Remaja di Masa Pandemi Covid-19.. Kumparan.com
Sujanto ,Bedjo.(2018). Pengelolaan Sekolah, Permasalahan dan Solusi. Jakarta: Bumi Aksara, Cet.I
Sukarman, dkk..(2021) Kepemimpinan Pendidikan. Medan :Yayasan Kita Menulis.
Tim Perencanaan Ditjen Pendis. Pembangunan Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Ditjen Pendis, 2009) hlm. 5
Trihantoyo ,Syunu. (2017).Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter.solo:UNS.
Tolkhah ,Imama dan Barizi, (2004).Membuka Jendela Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persaja.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, ( Bandung: Citra Umbara, 2003), hlm.1
Wibowo,Agus. (2012).Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban .Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Zubaedi, (2011).Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana