KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 38 MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33477/jsi.v11i1.3300Keywords:
Pedagogic Competence, PAI Teachers, Learning Outcomes, Kompetensi Pedagogik,Abstract
The purpose of this study was to improve student learning outcomes at SMP Negeri 38 Central Maluku and to determine the factors supporting and inhibiting the pedagogic competence of Islamic religious education teachers in improving student learning outcomes at SMP Negeri 38 Central Maluku. This type of research is descriptive qualitative. The informants in this research consisted of 7 informants. The results of the study concluded that; 1. The pedagogic competence of Islamic religious education teachers in improving student learning outcomes at SMP Negeri 38 Central Maluku has adequate competence, they have implemented various components of pedagogic competence, including: a) Having an understanding of educational foundations and insights, b) Understanding of students, c) Curriculum development, d) Carrying out educational activities, e) Facilitating the potential of students, f) Communicating politely, effectively, and communicatively, and g) Carrying out learning evaluations. 2. Skills possessed by Islamic Religious Education teachers in improving student learning outcomes at SMP Negeri 38 Central Maluku there are several skills that must be mastered by PAI teachers, namely: a) Keeping up with technological developments, b) Being able to collaborate, and c) Thinking creatively and innovatively. 3. The supporting factors for PAI teachers are: a) Adequate teacher quality, b) Adequate infrastructure, c) Learning methods that facilitate students, and d) Healthy physical and psychological conditions. While the inhibiting factors are: a) the tasks given by the teacher are too many, b) the students are lazy and underestimate the lesson.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi padeagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 38 Maluku Tengah dan untuk menguraikan faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 38 Maluku Tengah. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari 7 orang informan. Untuk data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, pengkajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian disimpulkan bahwa; 1. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 38 Maluku Tengah telah memiliki kompetensi yang memadai, mereka telah melaksanakan berbagai komponen kompetensi pedagogik, diantaranya: a) Memiliki pemahaman terhadap landasan dan wawasan kependidikan, b) Pemahaman terhadap peserta didik, c) Pengembangan kurikulum, d) Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bersifat mendidik, e) Memfasilitasi potensi peserta didik, f) Berkomunikasi dengan santun, efektif, dan komunikatif, dan g) Melaksanakan evaluasi pembelajaran. 2. Skill dimiliki guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 38 Maluku Tengah terdapat beberapa skill yang harus dikuasai guru PAI yaitu: a) Mengikuti perkembangan teknologi, b) Mampu berkolaborasi, dan c) Berpikir kreatif dan inovatif. 3. Faktor pendukung guru PAI yaitu: a) Kualitas guru memadai, b) Sarana prasarana memadai, c) Metode pembelajaran yang memudahkan peserta didik, dan d) Kondisi jasmaniah dan psikologis yang sehat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) tugas yang diberikan guru terlalu banyak, b) Peserta didik malas dan meremehkan pelajaran.