URGENSI PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SD NEGERI 5 NAMLEA KABUPATEN BURU

Authors

  • Wa Djamulia
  • Adam Latuconsina IAIN Ambon
  • Hasan Lauselang IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/jsi.v11i2.3349

Keywords:

Urgency Supervision, Principal, Professionalism of PAI Teachers.Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru PAI.

Abstract

The purpose of the study was to determine the implementation of the principal's academic supervision in improving the professionalism of PAI teachers at SD Negeri 5 Namlea and to determine the supporting and inhibiting factors in the implementation of the principal's academic supervision in improving the professionalism of PAI teachers at SD Negeri 5 Namlea, Buru Regency. This type of research is descriptive qualitative. The research took place at SD Negeri 5 Namlea, Buru Regency. The informants in this research consisted of 6 informants. Data analysis uses data reduction, data assessment and data conclusions. The results of the study concluded that the implementation of principal supervision in improving the professionalism of PAI teachers at SD Negeri 5 Namlea had been carried out through the planning stage, implementation stage, evaluation/follow-up stage gave a good effect on increasing the professionalism of PAI teachers. The impact of supervision of SD Negeri 5 on the improvement of the PAI teacher profession, namely teachers can carry out learning with various methods, learning models, learning media according to the material being taught.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam  meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 Namlea  dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 Namlea Kabupaten Buru. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian bertempat di SD Negeri 5 Namlea  Kabupaten Buru. Informan dalam penelitan ini terdiri dari 6 orang informan. Analisis data menggunakan tahap reduksi data, pengkajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 telah dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi/tindak lanjut memberikan efek baik terhadap peningkatan profesionalis guru PAI. Dampak supervisi SD Negeri 5  terhadap peningkatan profesionalisme guru PAI yakni guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan berbagai metode, model pembelajaran, media pembelajaran sesuai materi yang diajarkan. Faktor kendala adalah waktu, kesiapan guru, implementasi RTL dan  keterbatasan  interaksi kepala sekolah dengan guru.

References

A. Pius dan Dahlan, Kamus Ilmiah Populer Surabaya: Arkola, 2014.

Alma. Buchari, Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar Bandung: Alfabeta, 2012.

Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Asmani, Jamal Ma’mur, Tips Aplikasi Manajemen Sekolah Jogjakarta: Diva Press, 2012.

Burhanudin, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan dan Kepemimpinan Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara, 20014.

Danim, Sudarwan, Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012.

Daryanto, Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya edisi revisi; Badung: PT. Sygma Examedia Arkanleema, 2012.

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Getteng, Abd. Rahman, Menuju Guru Profesional dan Beretika Cet. VI; Yogyakarta: Graha Guru, 2011.

K. Amir Daein, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 2012.

Lukman, Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Pada MTs Negeri Maros Baru Kabupaten Maros, Tesis Pascasarjana Bidang Pendidikan Islam UIN Alauddin Makassar, 2011.

M. Arifin, Peran dan Motivasi Kerja Yogyakarta: Teras, 2010.

Mappanganro, Pemilikan Kompetensi Guru. Penerbit: Alauddi Press Makassar. Cet. I, 2010.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Muhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan Jakarta: Gaung Persada Pers, 2012.

Mulyasa. E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam konteks Mensukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

N.K, Roestiyah, Masalah-masalah Ilmu Keguruan Jakarta: PT. Bina Aksara, 2012.

Nawawi. Hadari dan Martini Hadari, Kepemimpinan yang Efektif, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2014.

Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Cet. XVII, Bandung: 2017.

Ralph, Stogdill, Handbook of Leadership New York: The Dree Press A Division of Mac Millan Publishing, 2012.

Rudiyanto, Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrsah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN Sinjai Kabupaten Sinjai, Tesis: Pascasarjana Bidang Pendidikan Islam UIN Alauddin Makassar, 2011.

Sagala, Syaiful, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2010.

Sahertian, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan SDM, 2011.

Siagian, Sondang P., Manajemen Stategik Jakarta: PT. Bumi Aksara,2010.

Soejtipto, Profesi Keguruan Jakarta: Rineka Cipta, , 2010.

Soemanto, Wasty, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan Cet. II; Jakarta: Bina Aksara, 2012.

Soetopo. Hendiyat, Pendidikan dan Pembelajaran Teori, Permasalahan, dan Praktek), Malang: UMM Press, 2015.

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru, 2017.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Supriyatno, Marno dan Triyo, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam Bandung: Reika Aditama, 2018.

Syaifullah, Ali, Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan, Jakarta: Usaha Nasional, 2012.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2014.

Tholkhah, Imam dan A. Barizi, Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam) Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2013.

Usman, Moh. Uzer, Manajemen Berbasis Sekolah Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan dan Permasalahannya Cet. III; 2012.

Downloads

Published

29-12-2022

How to Cite

Djamulia, W., Latuconsina, A., & Lauselang, H. (2022). URGENSI PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SD NEGERI 5 NAMLEA KABUPATEN BURU. Jurnal Studi Islam, 11(2), 152–171. https://doi.org/10.33477/jsi.v11i2.3349