PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH ANAK PADA ERA DIGITAL DI DESA WAIHATU KECAMATAN KAIRATU BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33477/jsi.v11i2.3912Keywords:
The Role of Parents, Shaping Children's Morals Peran Orang Tua, Akhlak Karimah Anak, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran orang tua dalam membentuk akhlak karimah anak di Desa Waihatu Kecamatan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat pada era kemajuan teknologi digital; Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari kedua orang tua dalam keluarga di Desa Waehatu dari kalangan pegawai, pedagang, dan peternak dari setiap kategori keluarga tersebut ditarik dua keluarga sebagai informan kunci dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa orang tua di Desa Waehatu berperan dengan baik dalam membentuk akhlak karimah anak, yakni ayah dan ibu atau suami dan istri sebagai pendidik dan pemimpin dalam keluarga telah mendididik dan mengarahkan anak mereka berakhlak karimah kepada Allah swt. dan kepada sesama manusia, yakni kedua orang tua. Akhlak Karimah anak di Desa Waehatu kepada Allah swt. yaitu melasankan shalat lima waktu baik di rumah atau di masjid secara berjamaah, ikut serta belajar mengaji dan belajar agama di Taman Pengajian Al-Quran, menghafal ayat al-Qur’an atau surah-surah pendek, taat dan patuh pada orang tua, serta bersikap sopan dan menyayangi orangtuanya dan saudara yang lebih muda. Walaupun dalam keseharian anak-anak di Desa Waehatu tidak dapat melepaskan diri dari bermain dan memakai gadged, yakni HP android yang memberikan dampak negatif pada akhlak dan sikap mereka pada orang tua yang terkadang mengabaikan panggilan atau perintah orang tua untuk segera melaksanakan shalat dan segang bersosialisasi. Peran orang tua sebagai pendidik dan pemimpin, yakni mengajarkan dan menjelaskan ajaran agama kepada anak, memerintahkan dan membiasakan shalat lima waktu, berpuasa dan berdoa, mengantarkan anak mengaji di TPQ, menceritakan kisah-kisah Nabi dan Rasul, melakukan muroja’ah, dan menegur anak jika tidak shalat dan mengaji. Orang tua di Desa Waehatu mendidik anak dengan cara memberikan contoh tauladan tentang akhlak karimah dan membiasakan akhlak karimah kepada anak dalam kehidupan sehari-hari.
The purpose of this study is to describe the morals of children in Waihatu Village, West Kairatu District, West Seram Regency in the current era of digital technology advancement. To analyze the role of parents in shaping the character of children in Waihatu Village, West Kairatu District, West Seram Regency in the current era of digital technology advancement. And to describe the inhibiting and supporting factors of the role of parents in educating children in Waihatu Village, West Kairatu District, West Seram Regency. This research uses qualitative research. The results follows: based on the results of interviews with respondents who are willing to be the object of research, it is known that the role of parents in shaping children's morals is 3 namely: aqidah, worship, and morals. Furthermore, parents educate children's morals by giving examples or examples of good morals to children, and parents also get used to good morals to children in daily life, then the role of parents is to strengthen and direct potential in children. By giving explanations about religion to children, taking children to the place of study, telling stories of the Prophets and Apostles, doing muroja'ah, and reprimanding children if they do not recite the Koran.
References
Ani, Fatimah Arsy. Tantangan Parenting Orang Tua Muslim dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendidik Akhlak Anak di Era Digital Di SMP Negeri 24 Kabupaten Kaur Bengkulu dalam Jurnal An-Nizom, Vol. 6 No. 3 Desember 2021. Diakses 15 Desember 2022
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V Jakarta: Rineka Cipta
Aryani, Nini 2015. Konsep pendidikan anak salih dalam perspektif Islam, Yogyakarta: CV Budi Utama
Aryani, Nini. 2015. Konsep pendidikan anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam, Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 1, No. 2.
Basri, M. Mu’inudinillah Lc.,M.A. 2014. Bimbingan Shalat Lengkap Sesuai Sunnah. Surakarta: Ar Rijal
Chandra, 2022. Masyarakat Desa Waihatu (Pegawai Kapal Feri), Rabu: 15 Juni
Dapertemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Daradjat, Zakiah 2012. Dasar-dasar Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang
Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Agama RI. 2000. Ilmu Fiqih Jilid 1. Jakarta: Proyek Pembinaan Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama.
Ghazali, Imam. 2010. Pembuka Pintu Surga. Surabaya: Mitra Jaya
Ghony, M.Djunaidi & Fauzan Almanshur, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif . Jogjakarta: ArRuzz Media
Hareiring, Iche Euis. Peran Orang Tua dan Lingkungan dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Era Digital, Studi di Dusun Leles Desa Condong Catur, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta, Skripsi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2020. Diakses 15 Desember 2020.
Hasanuddin, A.H. 2000. Cakrawala Kuliah Agama. Surabaya: Al-Ikhlas.
Ilyas, Yunahar. 2016. Kuliah Alkhlak. Yogjakarta: LPPI
Jamaludin, Dindin. 2013. Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam, Bandung: Pustaka Setia,
Kamal, Musthafa 2005. Akhlak Sunah. Yogjakarta: Persatuan
Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju
Kuswana, Dadang. 2015. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lia, Nurul 2022. Istri dari bapak Ta’in Mushohib (IRT), Kamis: 16 Juni
Maryam, Siti. 2021. Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sosial dalam Menumbuhkan Akidah pada anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan, Vol. 5, No,2.
Moelong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mukni’ah. 2011. Materi Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Yogjakarta: ArRuzz Media
Mulyasana, Dedi dkk. 2020. Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV. Cendekia Press
Mushohib, Ta’in. 2022. Masyarakat Desa Waihatu (Pedagang), Kamis: 20 Juni
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Purwanto, M. Ngalim 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rabbaniyah, Qiyadah 2019. Nilai-nilai Pendidikan Anak. Semarang: CV Pilar Nusantara
Rodiah. 2017. Membentuk Akhlak Anak, Cara Membentuk Anak Menurut Islam. Jakarta: PT Elex Media
Sa’adah, Arina Siti Nur. 2006. Skripsi “Peran Salaf Dalam Menumbuhkan Kepribadian Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Pekalongan”, Malang: Skripsi Fakultas Psikologi UMM
Sani, Ridwan dan Abdullah Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter. Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta