PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN PADA MTS ANI DAN MTS KATAPANG KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33477/jsi.v11i2.4105Keywords:
Pembentukan Karakter Siswa, Pendidikan KepramukaanStudent Character Building, Scouting EducationAbstract
This study aims to describe efforts to build student character through Scouting education and to find supporting and inhibiting factors for scouting activities at MTs Ani and MTs Katapang, West Seram Regency. This research is a qualitative research, the research subjects include madrasa heads, teachers, scout coaches and students. This research was conducted from June to July 2022. Data collection techniques were through observation, interviews and documentation. The main instrument is the researcher using tools in the form of observation guidelines, interview guidelines, documentation guidelines. The results showed that Scouting activities for the formation of student character, namely religious, nationalist, integrity, independent and mutual cooperation were carried out by means of routine weekly, quarterly and yearly scouting exercises; ceremonial activities, marches, and materials are guided by Dasadarma and SKU by applying five educational methods, namely habituation, exemplary, assignment, lecture, and punishment or sanction. The supporting factors are support from the head of the Madrasah, experienced scout coaches and adequate infrastructure. While the inhibiting factors are the lack of support from parents and students' lack of understanding of the importance of scouting activities for their own good.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pembentukan karakter siswa melalui pendidikan Kepramukaan dan untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat kegiatan pramuka di MTs Ani dan MTs Katapang Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, pembina pramuka dan siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2022. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peniliti dengan menggunakan alat berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan Kepramukaan untuk pembentukkan karakter siswa, yakni karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong dilakukan dengan cara latihan pramuka rutin mingguan, tiga bulanan dan tahunan; kegiatan upacara, baris-berbaris, dan materi berpedoman pada Dasadarma dan SKU dengan menerapkan lima metode pendidikan, yaitu pembiasaan, keteladanan, penugasan, ceramah, dan hukuman atau sanksi. Faktor pendukungnya yaitu dukungan dari kepala Madrasah, Pembina pramuka yang berpengalaman dan sarana prasana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya dukungan dari orang tua murid dan masih kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya kegiatan pramukauntuk kebaikan diri mereka.References
Fitri, Agus Zaenul. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayat, H., D. Yarshal, & S. Suratno (2019). Pendampingan Pendidikan Karakter Melalui Gugus Depan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), hal. 390-395.
Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung, Penerbit Walisongo.
Marzuki & L. Hapsari. (2015). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Di Man 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2).
Nurdin, Jahada, Laode Anhusadar, (2022). Membentuk Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Volume 6 Issue 2.hal. 953.
Purwanto, M. Ngalim. (201). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Santoso S., & A. N. Hikmah.(2015). Upaya pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SDIT Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Al_Bidayah, 7(1), hal. 85.
Surono. K. A., (2018). Penanaman Karakter Dan Rasa Nasionalisme Pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka Di SMP N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1). hal. 953.
Suwito dkk, 2008. Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.