PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK

Authors

  • Abdullah Abdullah IAIN Ambon
  • Muhajir Abd Rahman IAIN Ambon
  • Rustina N Institut Agama Islam Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/jsi.v12i1.4480

Keywords:

Guru PAI, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan SpiritualIslamic Education Teachers, Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence,

Abstract

This study aims to describe and analyze the role of Islamic Religious Education teachers in improving the intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence of students at SD Negeri 1 and SD Negeri 2 Olas, Huamual District, West Seram Regency. This type of qualitative descriptive research, data collection techniques through observation, interviews and documentation, 6 research informants, 2 teachers and 4 students. Data analysis goes through the stages of data collection, data reduction, data display, data interpretation and drawing conclusions. The results of this study are the role of the Islamic Religious Education teacher in increasing the intellectual intelligence of students which includes planning learning tools, using appropriate methods, giving, evaluating. The role of the Islamic Religious Education teacher on emotional intelligence includes; Islamic Religious Education teachers are able to control students' emotions, train students to be confident through class discussion activities, train students to control their emotions by being social, care about students, help arouse students' enthusiasm for learning, train students to care about the environment. The role of Islamic Religious Education teachers in improving students' spiritual intelligence includes; cooperate with all teachers in the school, instill aqidah (belief) in students to carry out worship, get students used to being grateful for God's blessings, provide examples of discipline, get used to saying greetings, involve students in worship, and implement 5S (smile, greet, greet) , polite, and polite).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan  spiritual  peserta  didik di SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Olas Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, Informan penelitian sebanyak 6 orang , 2 orang guru dan 4 orang peserta didik. Analisis data melaului tahap pengumpulan data, reduksi data, display data,  interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini  yaitu  peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan intelektual peserta didik meliputi yakni membuat perencanaan perangkat pembelajaran,  menggunakan metode yang sesuai,  memberikan, melakukan evaluasi. Peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap kecerdasan emosional meliputi;  Guru Pendidikan Agama Islam  mampu mengontrol emosi peserta didik, melatih peserta didik percaya diri melalui kegiatan diskusi kelas, melatih peserta didik mengontrol emosi dengan bersosial, peduli dengan peserta didik,  membantu membangkitkan semangat belajar peserta didik, melatih peserta didik peduli dengan lingkungan. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik meliputi;  bekerjasama dengan seluruh guru di sekolah, menanamkan aqidah (keyakinan) kepada peserta didik agar  melaksanakan ibadah,  membiasakan peserta didik mensyukuri nikmat Tuhan,  memberikan contoh tentang kedisiplinan, membiasakan mengucap salam,  melibatkan peserta didik dalam beribadah,  dan  menerapkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun).

References

Abd Wahab dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Abdul Zani, Sosiolagi Skematika Teori dan Terapan, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan, Jakarta:PT. Rineka Cipta, 2016.

Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2013.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Akhmad Muhaimin Azzer, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak, (Yogjakarta: Kata Hati, 2013.

Akhmad Muhaimin Azzet, Mengembangkan Keceerdasan Spiritual Bagi Anak, Yogyakarta: Katahati, 2010.

Akyas Azhari, Psikologi Umum dan Perkembangan Jakarta: PT. Mizan Publika, 2014.

Ali Muklasin, “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Dalam Meningkatkan Sumber Daya Guru. ”Tesis (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2013.

Al-Rasyidin dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Ciputat Press, Cetakan II, 2015.

Ari Ginanjar Agustian, Emosional Spiritual Quotient, (Jakarta: Arga Wijaya Persada, Jakarta: Arga, 2007.

Atika Fitriani, Eka Yanuarti, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.3, No. 02, 2018

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran (Bandung: CV. Penerbit Alfabeta, 2016.

Danah Zohar dan Ian Marshall, Spiritual Capital: Memperdayakan SC di Dunia Bisnis, (Bandung: Mizan, 2015.

Daniel Goleman, Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ,. Terjemahan oleh . T. Hermaya (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

David Bery, Pokok-Pokok Pikiran dalam Sosiologi, (Jakarta: CV. Rajawali, 2012.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2015.

Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Djemari Mardapi, Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pembelajaran, (Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.

E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Ely Manizar HM, “Mengelola Kecerdasan Emosi”, Journal Tadrib, Volume 2 No. 2, Desember 2016.

Hamzah B. Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Iskandar, Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru), Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2009.

Izzati Nurma, Pengaruh Penerapan Program Remedial dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik, Eduma, Vol.4, No.1.

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualfikasi, dan Kompetensi Guru (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2014.

Karman Supriana, Materi Pendidikan Agama Islam,Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2003.

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta, PT Rineka Cipta, 2015.

M. Fathurrohman, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012.

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

M. Utsman Najati, Belajar EQ dan SQ dari Sunah Nabi,Jakarta: Hikmah, 2013.

Moh. Gitosaroso, “Kecerdasan Emosional ,Emotional Intelligence) dalam Tasawuf”, Journal of Islamic Studies-Khatulistiwa, Volume 2 No. 2, 2012.

Moh. Ilyas, Inovasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MtsN Turen Malang, (Malang: Universitas Islam Negeri Malang, 2008.

Moh.Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Mohammad Ali, Psikologi Remaja, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Muhaimin, Jusuf Mudzakir, Abdul Mujib, Marno, Kawasan dan Wawasan Studi Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2017.

Muhammad Dalyono, Psikologi Pendidikan Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2012.

Muhammad Irham, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Ngalim Purwanto, Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Roestiyah N.K. Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Jakarta : Bina Aksara, Cet. ke IV, 2014.

Rohmalina Wahab, Psikologi Belajar Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

Rozi Sastra Purna and Arum Sukma Kinasih, Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks, 2015

Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2004.

Samsuddin Pulungan, Kecerdasan Emosional: Membangun Paradigma Mengasuh Anak dalam Keluarga Muslim Padang: Rios Multicipta, 2013.

Sarip Munawar Holil, Jurnal Ilmiah Educater, Vol. 4 No. 2, 2018.

Soetjipto, Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis & Aplikatif-Normatif, Jakarta : Amzah, Cet. Pertama, 2013.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati,f dan R & D Bandung: Alfabeta, 2015.

Suharsono, Akseslarasi Intelegenst, (Jakarta: Inisiasi Press, 2014

Downloads

Additional Files

Published

16-07-2023

How to Cite

Abdullah, A., Rahman, M. A., & N, R. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK. Jurnal Studi Islam, 12(1), 25–52. https://doi.org/10.33477/jsi.v12i1.4480

Issue

Section

Articles