PERAN WANITA KARIR DALAM MENDIDIK ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/jsi.v12i1.4914Keywords:
Role of Career Women, Islamic Perspective Children'Peran Wanita Karir, Pendidikan Anak Perspektif Islam EducationAbstract
Abstract: The purpose of this research is to describe and analyze the role of career women in educating children from the perspective of Islamic education, the educational process carried out; and to describe the supporting and inhibiting factors for career women in educating children. The type of research used is descriptive qualitative. The results of the study show that career women who work at the IAIN Ambon campus carry out dual roles as career women, but do not forget their main role, namely educating children from an Islamic perspective. The process of educating children from the perspective of Islamic education carried out by career women at IAIN Ambon is, 1) Educating children's faith, career women instill the values of faith in their children from an early age even when they are still in the womb, by providing understanding to children in the form of recognizing oneness Allah and His creation around the lives of children, names of angels, stories of prophets and apostles and other basic material related to faith or pillars of faith. (2) Educating children's worship, from early childhood and even from the womb, by involving children in daily worship activities (3) Educating children's morals, using exemplary and habituation methods. Factors supporting good cooperation and communication, the involvement of other family members in helping to supervise children, as well as the formal and non-formal educational environment. Inhibiting factors are community environmental factors in the form of children's colleagues that influence their association and the limited time that career women have with children.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran wanita karir dalam mendidik anak perspektif pendidikan Islam, proses pendidikan yang dilakukan; dan untuk menguraikan faktor pendukung dan penghambat wanita karir dalam mendidik anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita karir yang bekerja di kampus IAIN Ambon menjalankan peran ganda sebagai seorang wanita karir, namun tidak melupakan peran utama mereka yaitu mendidik anak perspektif Islam. Adapun proses pendidikan anak perspektif pendidikan Islam yang dilakukan wanita karier di IAIN Ambon adalah, 1) Mendidik akidah anak, para wanita karir menanamkan nilai-nilai akidah pada diri anak sejak usia dini bahkan sejak masih dalam kandungan, dengan memberikan pemahaman kepada anak berupa mengenal keesaan Allah dan ciptaan-Nya yang ada disekitar kehidupan anak, nama-nama malaikat, kisah-kisah nabi dan rasul serta materi dasar lainnya yang berkaitan dengan akidah atau rukun iman. 2) Mendidik ibadah anak, sejak anak usia dini dan bahkan sejak dalam usia kandungan, dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan ibadah sehari-hari (3) Mendidik akhlak anak, menggunakan metode keteladan dan pembiasaan. Faktor pendukung kerjasama dan komunikasi yang baik, keterlibatan anggota keluarga lain dalam membantu mengawasi anak, serta lingkungan pendidikan formal dan nonformal. faktor penghambat yaitu faktor lingkungan masyarakat yang berupa teman sejawat anak yang mempengaruhi pergaulan mereka dan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh para wanita karir bersama anak.
References
Anggito, Albi. 2018, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat : Jejak.
Aryani, Nini. 2015, Konsep Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 1, No. 2.
Faiza, Arum, dkk. 2020, Kamulah Wanita Karir yang Hebat, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Huda, Masrur. 2021, Wanita : Antara Karir dan Keluarga (Bagaimana Pandangan Islam tentang Wanita Karir, Nafkah dan Tugas Keluarga), Jawa Timur : Global Aksara Perss.
Indra Hasbi, 2014, Potret Wanita, Jakarta Timur : Penamadani.
Indra, Hasbi. 2017, Pendidikan Keluarga Islam, Membangun Generasi Unggul, Yogyakarta : Budi Utama.
Istiyanto, Bekti. 2007, Pentingnya Komunikasi Keluarga : Menelaah Posisi Ibu antara Menjadi Wanita Karir atau Pencipta Keluarga Berkualitas, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 1, No. 2.
Jamaludin, Dindin. 2013, Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Maryam, Siti., 2021, Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sosial dalam Menumbuhkan Akidah pada Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan, Vol. 5, No. 2.
Mulia, Musdah. 2014, Kemuliaan Perempuan dalam Islam, Jakarta : PT Gramedia.
Putra. Nusa, 2013, Metode Penelitian; Kualitatif Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rabbaniyah, Qiyadah, 2019, Nilai-nilai Pendidikan Anak, Semarang : Pilar Nusantara.
Roidah, 2017, Memebentuk Akhlak Anak, Cara Mendidik Akhlak Anak Menurut Islam, Jakarta : PT Elex Media.
Rukajat Ajat, 2018, Pendekatan Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Budi Utama.
Rukin, 2019, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sulawesi Selatan : Yayasan Ahmad Cendekia Indonesia.
Setiyanto, Danu Aris. 2017, Desain Wanita Karir Menggapai Keluarga Sakinah, Yogyakarta : Budi Utama.
Sukmadinata Nana Syaodih. 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyoko Arie, 2018, Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan Anak di Era Kosmopolitan (Tela’ah Tafsir Kontemporer Atas Surat At-Tahrim Ayat 6), Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 2.
Utaminingsih Alifiulahtin, 2017, Gender dan Wanita Karir, Malang : UB Press.
Wawancara dengan Lampong Sri Ratna Dewi, di gedung kuliah Pascasarjana IAIN Ambon, pada 12 April 2022.
Wawancara dengan Maimunah, di gedung kuliah prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Ambon, pada 11 April 2022.
Wawancara dengan Mastuti Ajeng Gelora, di gedung kuliah prodi Pendidikan Matematika IAIN Ambon, pada 20 April 2022.
Yasin Maisar, 2012, Wanita Karir dalam Perbincangan, Jakarta : Gema Insani Perss.