Pemanfaatan Media Wayang Kertas pada Pembelajaran IPA di SDN-1 Basawang

Authors

  • Nur Inayah Syar IAIN Palangka Raya, Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Tadris Fisika
  • Nadia Azizah
  • Atin Supriatin
  • Hadma Yuliani
  • Maulida Permata Sari

DOI:

https://doi.org/10.33477/mangente.v1i2.2667

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, seni budaya yang ada di Indonesia mulai tenggelam dari peradaban, salah satu dari hal tersebut adalah wayang. Maka dari itu, hal tersebut perlu untuk dilestarikan karena kebudayaan merupakan nilai luhur yang penting untuk dipertahankan sebagai penyokong karakter dalam masyaraka. Salah satu cara untuk melestarikan hal tersebut yaitu dengan memperkenalkannya kepada kalangan muda yang memiliki tugas sebagai penerus bangsa, misalnya dengan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran yang dapat membantu untuk mempermudah proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada 02 Agustus 2021 di SDN-1 Basawang dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab yang bertujuan untuk 1) meningkatkan rasa ketertarikan pada peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran 2) meningkatkan semangat belajar pada peserta didik 3) meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi, khususnya dalam pelajaran IPA, sekaligus 4) memanfaatkan dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Pelaksanaan kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan. Peserta didik sebanyak 15 orang di kelas IV, berdasarkan dari hasil kegiatan maka diperoleh bahwa peserta didik terlihat semangat dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran serta mudah dalam memahami materi sekaligus terhibur ketika proses pembelajaran berlangsung.

References

Amaliah, R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah

dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44

Jakarta. Studi Al-Qur'an, 10(2), 119-131.

Elizatbeth, T., Pratama, D., Alamsyah, D., Yoannita, Inayatullah, &

Tinaliah. (2021). Pelatihan Aplikasi Screen Recorder dan Video

Conference Guna Meningkatkan Proses Belajar Mengajar. Absyara,

(1), 49-55.

Kristiawan, R., Ni'mah, A., Rokhaniyah, Suraya, F., Prasojo, W., & Susilo,

B. (2020). Penerapan Media Wayang Bungkus dalam Meningkatkan

Pemahaman Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada Materi

Bangun Ruang. Abdimas Pedagogi, 3(2), 87-94.

Lamajau, E. (2017). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa

Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode

Diskusi Kelompok. Kreatif Online, 5(1), 201-211.

Nurhaliza, A., & Fauziah, S. (2021). Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah

Air Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembuatan dan

Pementasan Wayang Kertas. Educivilia, 2(2), 183-192.

Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan Media Gayanghetum

(Gambar Wayang Hewan dan Tumbuhan) dalam Pembelajaran

Tematik Terintegrasi Kelas IV SD. Relawan, 1(1), 65-70.

Permana, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap

Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra, 2(2), 190-196.

Priyono, W., Simanjuntak, E., & Dewi, D. (2015). Pengaruh Metode Wayang

Kulit terhadap Motivasi Belajar Bahasa Daerah pada Siswa Sekolah

Dasar. Experientia, 3(2), 1-12.

Putri, R., Firdausi, N., Susetya, B., & Prilosadoso, B. (2019). Pelestarian

Cerita Ramayana Melalui Media Wayang Limbah Kertas untuk Siswa

Sekolah Dasar di Sukoharjo. Seminar Nasional, 2, 245-251.

Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan

Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan Sosial,

Sains, dan Humaniora, 3(4), 681-687.

Tematik, S. (2019). Rangkuman Materi Kelas 4 SD Tematik Kurikulum 2013

Revisi. Yogyakarta: Media Digital.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta

Didik. Al-Ta'lim, 19(3), 209-215.

Downloads

Additional Files

Published

2022-05-27