Pemanfaatan Media Massa dalam Meningkatkan Komptensi Siswa Menuju Industri 5.0

Authors

  • Sariyah Ipaenin IAIN Ambon
  • Andi Fitriyani IAIN Ambon
  • Iftiya Salwa Tuanany IAIN Ambon
  • Umi Kalsum Hehanussa IAIN Ambon
  • Mahdi Malawat IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/mangente.v2i2.4078

Abstract

Pemanfaatan media massa dalam meningkatkan komptensi siswa menuju industri 5.0, merupakan tantangan baru yang dihadapkan siswa di lingkungan sekolah. Media massa atau media digital adalah perpanjang tangan dari penyampaian pesan lewat internet. Tujuan dari pengabdian kepada siswa SMA Muhammadiyah Mamala Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah yakni, meningkatan potensi siswa melalui pembuatan film dan digitalisasi media. Pengabdian kepada siswa ini, menggunakan diskusi terbuka dengan melibatkan siswa kelas X dan XI yang berjumlah 30 orang. luaran dari diskusi ini adalah siswa mampu merancang dan mengaplikasi media digital (handphone) digenggaman mereka sebagai proses meningkatkan minat dan bakat dalam capaian prestasi pembelajaran di sekolah.

References

Djamal Hidajanto, (2017). Programming Sebagai Kesistem untuk Meraih Jumlah Audiensi Secara Optimal. Jakarta: Kencana. (BUKU)

Effendy Uchjana Onong. (2009). Ilmu Komunikasi;Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. (Buku)

Mcquail Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika. (Buku)

Supradiyanto, 2020. Pengantar Jurnalisme Konvergenti; Menjawab Tren Industri Media Digital. Yokyakarta: PT. Pustaka Baru. (BUKU)

Tamburaka Apriadi. (2013). Literasi Media; Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-05-06