KAJIAN PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BAHARI PANTAI HUNIMUA KABUPATEN MALUKU TENGAH

Authors

  • Deny Yarusain Amin

DOI:

https://doi.org/10.33477/eksy.v1i01.922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsep pengembangan obyek wisata bahari Pantai Hunimua.. Konsep pengembangan ini disusun berdasarkan menggunakan metode/analisis SWOT (strength/kekuatan, weakness/kelemahan, opportunity/kesempatan, threatment/ancaman) yang diawali dengan mengidentifikasi faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan factor-faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi perkembangan obyek wisata ini. Selanjutnya membandingkan kedua faktor tersebut untuk mendapatkan strategi pengembangan yang dijabarkan dalam program-program strategis. Strategiini kemudian dirumuskan ke dalam bentuk beberapa kebijakan yang akan dijadikan sebagai arah pengembangan obyek wisata Pantai Hunimua. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui observasi dan wawancara yang mendalam dengan responden. Wawancara juga disertai dengan kuesioner. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 10 orang terdiri dari pemangku kepentingan yang berkaitan dengan sektor pariwisata di daerah ini antara lain : masyarakat, LSM, perguruan tinggi (PT), DPD ASITA, Kantor Kecamatan Salahutu, DPR, BAPPEDA,BAPEDALDA, Dinas Pariwisata..Berdasarkan hasil analisis SWOT, pengembangan obyek wisata bahari Pantai Hunimua dapat dilakukan melalui beberapa strategi yang dirumuskan dalam empat kebijakan yaitu peningkatan kualitas produk wisata, peningkatan peran pemangku kepentingan, pengawasan dan pengendalian lingkungan serta peningkatan kualitas SDM.

Downloads

Published

2019-09-13

How to Cite

Amin, D. Y. (2019). KAJIAN PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BAHARI PANTAI HUNIMUA KABUPATEN MALUKU TENGAH. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1). https://doi.org/10.33477/eksy.v1i01.922

Issue

Section

Articles