PENGELOLAAN KEUANGAN PUBLIK DALAM PANDANG MAQASID SYARIAH ISLAM PADA MASA HARUN AR-RASYID
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v3i01.2388Abstrak
ABSTRACT
Islamic economic perspective, state finances are the top priority to be able to be pooled from the resources gathered and issued for regional development, so as to bring about the welfare of the people. This paper tries to re-examine the management of the public finances during the Abbasid dynasty at the time of Harun Ar-Rasyid's caliph who ruled for 23 years, the state income came from taxes, zakat, and the spoils of war taken in three categories. The purpose of this writing is to find out how the public finances are practiced by the caliph Harun Ar-Rasyid. The method used by library research, Pustaka research aims to collect data and information from the help of various materials contained in the library room, such as books, magazines, documents, records, historical stories and others. To assist in the administration of the state, the caliph formed Diwanul Kharaj to take care of the country's finances. As for the management of financial problems of the State, a financial institution, Baitul Maal (State Treasury) was formed.
Keywords: Harun Ar-Rasyid, Islam, Finance.
ABSTRAK
Perspektif ekonomi Islam, keuangan negara menjadi prioritas utama untuk dapat dikekola dari sumber-sumber yang dihimpun dan dikeluarkan untuk pembangunan wilayah, sehingga dapat mendatangkan kesejahteraan masyarakat. Tulisan ini mencoba menelaah ulang pengelolaan keuangan publik di masa dinasti Abbasiyah pada saat khalifah Harun Ar-Rasyid yang memerintah selama 23 tahun, pendapatan negara berasal dari pajak, zakat, dan rampasan perang yang diambil dengan tiga kategori. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui bagaimana keuangan publik yang dipraktikkan oleh khalifah Harun Ar-Rasyid lalu mencoba melihat dengan menggunakan pandangan maqasid syariah. Metode yang digunakan penelitian pustaka, penelitian pustaka bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dari bantuan bermacam-macam material yang terdapat di ruang perpustakaan, seperti buku-buku, majalah, dokumen, catata, kisah-kisah sejarah dan lain-lainnya. Untuk membantu kegiatan administrasi negara maka khalifah membentuk Diwanul Kharaj untuk mengurus keuangan negara. Sedangkan untuk pengelolaan masalah keuangan Negara maka dibentuk suatu lembaga keuangan yaitu Baitul Maal (Kas Negara).
Kata Kunci: Harun Ar-Rasyid, Islam, Keuangan.
Referensi
Abdullah. 2006. Alaqah Maqasid Al-Syari’ah Bi Ushul. London: Markaz Dirasad Maqasid al-Syariah.
Ahmad, Jamil. 1996. Seratus Muslim Terkemuka. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Al-Buraey, Muhammad. 1986. Islam: Landasan Alternatif Administrasi Pembangunan. Jakarta: CV Rajawali.
Alimuddin, Agus. “Etika Produksi Dalam Pandangan Maqasid Syariah”, Nizham, Vol. 8 No. 1, Mei, 2020, Lampung: IAIN Metro.
Al-Maududi, Abu A’la. 1996. Khilafah dan Kerajaan. Bandung: Mizan.
Al-Syatibi, Abu Ishaq. 2003. Al-Muwafaqad Fi Ushulal-Syariah. Beirut: Dar al-kutub al-Ilmiyah.
Auda, Jaser. 2007. Fiqh Al-Maqasid Inatat Al-Ahkam Bi Maqasidiha. Herndon: IIIT.
Aunullah, Indi. 2013. Kejayaan Sang Khalifah Harun Ar-Rasyid: Kemajuan Peradaban Dunia Pada Zaman Keemasan Islam. Ciputat: PT. Pustaka Alvabet.
Bakri, Asafri Jaya. 1996. Konsep Maqasid Al-Syariah Menurut Al-Shatibi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bakri, Asafri Jaya. 1996. Konsep Maqasid Al-Syariah Menurut Al-Shatibi. Jakarta: Grafindo Persada.
Chamid, Nur. 2010. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Efendi, Satria., Zein, M. 2005. Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana.
Hallaq, Wael B. 2000. Sejarah Teori Hukum Islam Pengantar Untuk Ushul Fiqh Mazhab Sunni. Terj. E. Kusnadiningrat dan Abdul Haris bin Wahid. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hasjmy, A. 1975. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Hitti, Philip K. 2006. History of the Arabs: Rujukan Induk dan Paling Atoritarif Tentang Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.
Hodgson, Marshall G.S. 2002. The Venture of Islam, Iman dan Sejarah dalam Peradaban Dunia Masa Klasik, Peradaban Khalifah Agung. Jakarta: Paramadina.
Kaelan. 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.
Karim, Adhiwarman .A. 2004. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
-----------. 2009. Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Khalil, Abu Syauqi. 1997. Harun Ar-Rasyid: Amir para Khalifah & Raja Teragung di Dunia. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Lihasana, Ahsan. 2008. Al-Fiqh Al-Maqasid Inda Al-Imami Al-Syatibi. Mesir: Dar al-Salam.
Mahmudunnasir, Syed. 1991. Islam Konsepsi dan Sejarahnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mardalis. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mudhiiah, Kharidatul. 2015. "Analisis Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Klasik", Iqtishadia, Vol. 8 No. 2. September 2015, Jawa Tengah: IAIN Kudus.
Noviyanti, Ririn. 2016. “Pengelolaan Keuangan Publik Islam Perspektif Historis”, Iqtishodia, Vol. 1 No. 1. Maret, 2016, Jawa Timur: IAI Al-Qolam.
Qardhawi, Yusuf. 1999. Fiqih Praktis Bagi Kehidupan Modern. Kairo: Makabah Wabah.
-----------. 2007. Fiqih Maqashid Syariah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Rivai, Vitzhal. 2012. Islamic Economic & Finance : Ekonomi dan Keuangan Islam bukan Alternatif, tetapi Solusi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sunanto, Musyrifah. 2003. Sejarah Islam Klasik. Jakarta: Prenada Media.
Suwito. 2005. Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Pranada Media.
Syalabi, Ahmad. 1993. Sejarah dan Kebudayaan 3. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Umar, Hasbi. 2007. Nalar Fiqih Kontemporer. Jakarta: Gaung Persada.
Yatim, Badri. 1994. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.