HUKUM TAKLIF/MUKALLAF DALAM BISNIS

Penulis

  • Mohammad Holle Institut Agama Islam Negeri Ambon, Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/eksy.v3i01.2389

Abstrak

ABSTRAK

Semua tindakan, perilaku, dan kata-kata manusia terkait erat dengan persyaratan hukum syariah, baik itu hukum Al-Qur'an maupun sunnah, atau sumber lain yang diakui oleh Syariat. Keputusan tentang syaa' adalah esensi dari ilmu fiqih dan ushul fiqihi, menurut Imam al-Ghazali. Tujuan dari kedua disiplin ilmu ini adalah untuk memahami kegiatan mukallaf. 

Manusia ditekankan dari segi tuntutan hukum Taklif untuk dikerjakan atau tuntutan untuk ditinggalkan, yang pastinya tuntutan untuk dikerjakan yang disebut wajib dan anjuran untuk dikerjakan disebut sunnah

Sedangkan tuntutan untuk ditinggalkan yaitu berupa pasti untuk ditinggalkan disebut haram dan anjuran untuk ditinggalkan disebut makruh. Tuntutan hukum inilah yang menekankan kepada manusia untuk bertindak dalam aspek kehidupan termasuk dalam konteks berbisnis.  Kata kunci: Mukallaf, Taklif dan Bisnis

Referensi

ADESy, FORDEBI, 2016. Ekonomi Dan Bisnis Islam. Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada

al-Jurjani, Ali ibn Muhammad Kitab al-Ta'rifat. Singapura: al-Haramain, tanpa tahun

al-Syeikh Muhammad al-Khudari Beik. 1998. Ushul al-Fiqh, Lebanon: Dar al— Fikr

Al-Syeikh Muhammad Nawawi al-Bantani. Mirqat Shu’ud al-Tahdiq, al-Q.

al-Syeikh Muhammad Nawawi. Nihayah al-Zein fi Irsyad al-Mubtadi’in. Bandung

: al-Ma’arif. T.t

Alma Buchari, H. 2014. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung Alfabeta CV

Amir Syarifuddin. Ushul Fiqh Jilid 1, cet. IV. Jakarta: Kencana Media Group, 2008

Buchari, Alma. 2014. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung, Penerbit Alfabeta

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya

Dewi Norva, Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip Dan Landasan Normatif). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda. AL-TIJARY, Vol. 01, No. 01, Desember 2015

Efendi Satria, M. Zein. Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana 2009

Ihya Ulumuddin, Juz 2 Hal. terbitan Darul Fikr Beirut 1428 H

Khallaf Abdul Wahhab. Ilmu Ushul Fiqh Kaidah Hukum Islam. Jakarta: Pustaka Amani 1977

Koto, Alaiddin, 2013. Filsafat Hukum Islam. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Surah Al-Maidah. 2002. Jakarta : Lentera Hati.

Qardhawi Yusuf Syekh Muhammad. Halal dan Haram Dalam Islam. Jakarta: Penerbit: PT. Bina Ilmu, 1993

Rahman Afzalur. Ensiklopedia : Muhammad Sebagai Pedagang. Cet. 1, Bandung : Pelangi Mizan, 2009

Tanjung, M. Azrul. et.al Meraih Surga Dengan Berbisnis Jakarta: Gema Insani, 2013.

Tim Darul Ilmi. Buku Panduan Lengkap Agama Islam. Cetakan Pertama. Jakarta: Qultum Media, 2010.

Wahbah al-Juhaili. 1986. Ushul Fiqh al-Islami I. Beirut: Daar al-Fikr

Yuli Yasin. Prinsip Bisnis Rasulullah. 2010., Jakarta: Kataelha Penerbit Lentera Hati.

Diterbitkan

2022-01-04

Cara Mengutip

Holle, M. (2022). HUKUM TAKLIF/MUKALLAF DALAM BISNIS. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.33477/eksy.v3i01.2389

Terbitan

Bagian

Articles