PENGARUH PENGETAHUAN KEAGAMAAN, LINGKUNGAN SOSIAL, & SUMBER PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBAYARAN ZAKAT MAL DENGAN KOMITMEN KEAGAMAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penulis

  • Ardiansyah Ardiansyah Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
  • Rini Idayanti Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

DOI:

https://doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3095

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan keagamaan, lingkungan sosial, dan sumber pendapatan terhadap keputusan pembayaran zakat mal dengan dimediasi oleh variabel komitmen keagamaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan untuk memaknai data menggunakan pendekatan ekonomi Islam. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Ajjalireng, Kabupaten Bone sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 100 kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data primer dengan cara membagikan kuesioner kepada responden melalui aplikasi google form. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian outer model (model pengukuran) dan pengujian inner model (model struktural). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan keagamaan, lingkungan sosial, dan sumber pendapatan masing-masing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat mal. Komitmen keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat mal. Pengetahuan keagamaan dan sumber pendapatan masing-masing berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen keagamaan sedangkan lingkungan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen keagamaan dalam membayar zakat mal. Pengetahuan keagamaan dan sumber pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat mal dengan dimediasi oleh komitmen keagamaan sedangkan lingkungan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat mal dengan dimediasi oleh komitmen keagamaan.

Kata Kunci: keputusan, komitmen keagamaan, pengetahuan, lingkungan sosial, sumber pendapatan.

ABSTRACT

This study aims to analyze the effect of religious knowledge, social environment, and sources of income on the decision to pay zakat mal mediated by the variable of religious commitment. The approach used in this study is a quantitative approach while to interpret the data using an Islamic economic approach. The data used are primary data and secondary data. The population in this study was the people of Ajjalireng Village, Bone Regency, while the sampling technique used purposive sampling technique. There are 100 questionnaires that can be processed in this study. The primary data collection method is by distributing questionnaires to respondents through the google form application. The analytical tool used is Structural Equation Modeling (SEM) with Partial Least Square (PLS) approach with SmartPLS application. The data analysis method used in this research is testing the outer model (measurement model) and testing the inner model (structural model). The results showed that religious knowledge, social environment, and sources of income each did not significantly influence the decision to pay zakat mal. Religious commitment has a significant effect on the decision to pay zakat mal. Religious knowledge and income sources have a significant effect on religious commitment, while social environment does not significantly affect religious commitment in paying zakat mal. Religious knowledge and sources of income have a significant effect on the decision to pay zakat mal mediated by religious commitment, while the social environment does not significantly affect the decision to pay zakat mal mediated by religious commitment.

Keywords: decision, religious commitment, knowledge, social environment, source of income.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

A. Asminar. “Pengaruh Pemahaman, Transparansi Dan Peran Pemerintah Terhadap Motivasi Dan Keputusan Membayar Zakat Pada Baznas Kota Binjai.” At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 2. 2017.

Aisyah, Siti dan Bambang Sutejo. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat Nurul Fikri Zakat Center Area Sampit.” Keizai: Kajian Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, Vol. 1, No.1. 2020.

Amsyari. Prinsip-Prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan. Jakarta : Ghalia. 1986.

Candra, Wirdatul Khomro Septian. “Analisis Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Pengetahuan Zakat, Attitude, Dan Subjective Norms Terhadap Keputusan Membayar Zakat (Studi Kasus Pada Pns Di Wilayah Pemerintahan Kota Malang).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, Vol 9, No.2. 2021.

Daniati, Tesa et al. “Pengaruh Religiusitas Muzaki, Akuntabilitas Dan Kredibilitas Lembaga Amil Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat”. 2018.

Darmawan, Dicky dan Santi Arafah. “Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Fasilitas Layanan Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat Mal Pada Baznas Kabupaten Langkat.” Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No.1. 2020.

Diana. Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Budi Utama. 2018.

Fachry, Muhammad Et Al. “Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur.” Borneo Islamic Finance And Economics Journal, Vol 1, No.1. 2021.

Hamidah, Devi Nur. “Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan Zakat Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat (Studi Masyarakat Kota Malang).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, Vol 9, No.1. 2020.

Ichwan, Afiful. “Pengaruh technology acceptance model terhadap keputusan muzakki membayar zakat melalui fintech gopay.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 6, No.2. 2020.

Jalil, Abdul. Mengenal Zakat Fitrah dan Zakat Mal. Semarang : Mutiara Aksara. 2019.

Kartika, Indri. “Pengaruh Religiusitas dan Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat dengan Kesadaran Membayar Zakat Sebagai Variabel Intervening” (Tesis, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2019.

Nursandy, Michell Rinda. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Tape di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Jember : Universitas Jember. 2013.

Riza, Noviana Diah. “Analisis Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah di Perbankan Syariah Dengan Komitmen Keagamaan Sebagai Variabel Moderasi”.

Sanusi, Ega Yashinta. “Pengaruh Akuntabilitas Pengeolaan Dana Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat Melalui Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi” (Thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi. 2018.

Suroso dan Mucharam. Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus. 2002.

Syafitri, Okta Yuripta et al. “Tingkat Religiusitas dan Pendapatan: Analisis Pengaruh Terhadap Keputusan Membayar Zakat, Infaq dan Shadaqah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 7, No.1. 2021.

Tho’in, Muhammad dan Agus Marimin. “Pengaruh Tingkat Pendapatan, Tingkat Pendidikan, dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol.5, No.3. 2019.

Diterbitkan

2022-07-18

Cara Mengutip

Ardiansyah, A., & Idayanti, R. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN KEAGAMAAN, LINGKUNGAN SOSIAL, & SUMBER PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBAYARAN ZAKAT MAL DENGAN KOMITMEN KEAGAMAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2). https://doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3095

Terbitan

Bagian

Articles