STRATEGI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DI KOTA AMBON

Penulis

  • Ruslan Lapandewa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon
  • Farid Naya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon
  • Dety Aryani Relubun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3098

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi Baitul Maal Hidayatullah Maluku dalam pemberdayaan ekonomi umat. Tipe penelitian ini field research dengan pendekatan kualitatif dimana pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi serta wawancara. Pengolahan data penelitian di analisis dengan analisis SWOT dimana hasil yg didapat (a). Bersinergi dengan para mitra yang bertujuan untuk mendorong mustahik menjadi muzakki yaitu melalui pemberdayaan-pemberdayaan ekonomi salah satunya dengan diberikan dana zakat produktif untuk mengembangkan potensi usaha yang dimiliki. (b). Bekerja sama dengan pihak lembaga pemerintah dengan bertujuan untuk mendorong Da’i sebagai motor pengerak yang berkelanjutan, melalui pemberdayaan ekonomi di pesantren. 2. Strategi yang bisa dilakukan oleh BMH ialah: (a). harus Mendesain program program pemberdayaann ekonominya  agar dapat meraih peluang-peluang eksternal. (b). perlu Menambah jaringan kerja antar lembaga agar dapat memanfaatkan peluang-peluang dari eksternal. (c). memberikan  Pelatihan maupun pembenahan secara intensif kepada SDM agar dapat meminimalisir dampak dari ancaman eksternal. (d). Memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki agar tetap produktif serta dapat bertahan dari ancaman. 

Kata Kunci: Strategi, Pemberdayaan, LAZ.

Referensi

Abshari, Abdul Fikri. 2011. Strategi Masjid Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat: Studi pada Masjid Raya Pondok Indah dan Masjid Jami’ Bintaro Jaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ahmad, Sarwat. 2011. Seri Fiqih kehidupan (12) : Masjid. Jakarta Selatan: DU Publishing.

Andreas. Savitri, Enni. 2016. peranan pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisi Dan Modal Sosial. Pekanbaru.

Abdurrahman, Ramadhan. Idaul, Hasanah & Rahmad, Hakim. 2019. “Revitalisasi Peran Mesjid dalam Pemberdayaan Ekonomi Rakyat di Masjid Al Iklas” jurnal ekonomi, Vol. 4, No. 1. Di akses pada tangal 15 Agustus 2021

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Huda, Nurul & Heykal Mohamad. 2010. Lembaga Keuangan Islam: Tijauan Teoretis dan Praktis. Rawamangung-Jakarta: Prenadamedia Group.

Hafidhudhin, Didin. 2002. Zakat dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani Press.

Laksono, Sdidiq Aulia. Manajemen Startegi Pengelolaan Zakat Produktif Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta Tahun 2016-2017.” (Skripsi-Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Moleong Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulida, Khasanah.“Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Zakat Produktif (Studi Komparatif Pemikiran Yusuf Al-Qardawi dan Sahal Mahfudh”).(skripsi, jurusan hukum bisnis syariah, fakultas syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017).

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif . Malang-jatim: Kelompok Intrans Publishing.

Toriquddin, Moh. 2014. Pengelolaan Zakat Produktif Perspektif Maqāṣid Al-Syarī’ah Ibnu ‘Āsyūr. Malang: UIN-Maliki Press.

Diterbitkan

2022-07-18

Cara Mengutip

Lapandewa, R., Naya, F., & Relubun, D. A. (2022). STRATEGI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DI KOTA AMBON. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2). https://doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3098

Terbitan

Bagian

Articles