PERAN DIGITAL MARKETING TERHADAP JUMLAH WISATAWAN PADA TEBING MAKARIKI DI NEGERI YAPUTIH KECAMATAN TEHORU
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v4i02.4016Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan evaluasi perihal peran digital marketing terhadap kunjungan wisatawan yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Negeri Yaputih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yakni melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, yaitu pengelola dan pengunjung obyek wisata Tebing Makariki. Hasil penelitian ini menunjukan tiga poin penting. Pertama, strategi komunikasi pemasaran digital marketing yang dilakukan pengelola Tebing Makariki menggunakan pemasaran langsung melalui media sosial Facebook dan Instagram. Kedua, pemanfaatan digital marketing memainkan peranan penting dalam mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan (naik hingga 70 orang) dibanding periode sebelum menggunakan alat pemasaran promosi berbasis media sosial itu. Ketiga, timeline pengunggahan konten promosi yang dilakukan tim Pokdarwis belum konsisten terutama jadwal rutin kampanye, yang seharusnya diisi setiap hari, kini mundur minggu hingga bulan. Selain kinerja dasar promosi, tim pengelola juga mempunyai keterbatasan penggunaan platform media sosial sebagai alat kampanye wisata.
Kata Kunci: Digital Marketing, Wisatawan
Referensi
Ade Yunita Iriani, "Strategi Pengembangan Pariwisata Berdasarkan Preferensi Masyarakat Asli: Studi Kasus di Raja Ampat", Jurnal Masyarakat & Budaya, Volume 21 No. 3, 2019
Arifudin, Rahman Kadir, and Kadir, “Pengaruh Prsonal Selling dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian, Journal Of Applied Business and Enterpereneurship”, 2019,
Aris Kurniawan, “13 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli”, Tersedia: http://www.gurupendidikan.com/13, diakses Pada Tanggal 18 Juni 2022.
Dave Chaffey : Digital Marketing, and Strategy Business Impelementation and Practive, 2015
Dewi Yanti, Jurnal Pariwisata dan Budaya volume 11 Nomor 1, Khasanah ilmu, Jurnal Pariwisata, 2020
Dewi. Yanti, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata di Danau Toba”
Erika Revida, dkk, "Pengantar Pariwisata", Yayasan Kita Menulis, Cetakan ke-I Medan, 2020
Hani Siti Hanifah “Peran Digital Marketing Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Garut”
Henky Hermantoro, "Perencanaan Pariwisata", Edisi ke-I, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2020
I Gusti Bagus Rai Utama, "Pengantar Industri pariwisata", Sleman, 2016,
Isma Nizma Tehuayo, “Pengaruh Objek Wisata Tebing Makariki Terhadap Tingkat Pendapatan Masyarakat Negeri Yputih Kecamatan Tehoru (Perspektif Ekonomi Islam)”, 2020
Ismawati Doembana, "Manajemen dan Strategi Komunikasi Pemasaran" Yogyakarta: Zahir Publishing, 2017
Ita Nur Hidayah, “Penerepan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha Cv. Ratatia Indonesia Rumbai Ditinjau Dari Menurut Ekonomi Islam” , 2020
Lexy J. Moleong, "Metodologi Penelitian Kualitatif", Cet ke-32, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Maya Hiregar, “Analisis Digital Marketing Dinas Pariwisata Dalam Mampromosikan Desa Wisata Kabupaten Magetan”, 2020
Moleong, Lexy, J. “Metode Penelitian Kualitatif”, Bandung: Remaja, 2017
Nurdin Hidayah (2017), "Pengertian Pariwisata dan Kepariwisataan", https://pemasaranpariwisata.com/2017/11/05/wisata-pariwisata kepariwisataan/#:~:text=Kegiatan%20wisata%20merupakan%20suatu%20kegiatan,dll)%20dal m%20waktu%20yang%20sementara, diakses pada 4 Juli 2022, pukul 11.45 WIT
Nurul Hidayah, “Analisis Digital marketing Dalam Membantu Penjualan Living space dan Efo Store “, jurnal ilmu komunikasi, 2018
Patrick Trusto Jati Wibowo, (2021), "Apa Itu Internet Marketing?" https://www.wartaekonomi.co.id/read348125/apa-itu internet-marketing
Rafi Mohammed, “Internet Marketing: Bilding Advantage in a Networked Economi”, (USA : McGraw-Hill, 2013
Rosda karya Ngalim Purwanto, “Psikologi Pendidikan”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015
Sapta Nirwandar, ”Keparawisataan NTT Menuju Kelas Dunia”, 2015
Suciana Putri Analisis, “Digital Marketing Dan City Branding “Colorfull Medan” Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Ke Kota Medan”, 2020
Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D", Perpustakaan Universitas Bandar Lampung, Lampung, 2015
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Bandung: Alfabeta, CV, 2017
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alf abeta, CV.