PERAN CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK SEBAGAI MEDIASI PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI TUNI MALUKU
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v5i01.5477Abstrak
Abstracts
This research stems from the existence of phenomena in the research object and research gaps in previous studies. This research also has an update of brand image and brand awareness variables which act as mediating variables. On that basis, researchers develop a theoretical approach to fill the research gap and are expected to have a contribution to the development of science, especially management. The location of this research is located at the Maluku Coffee Foundation as the manager of Maluku Tuni Coffee. The data collection technique used purposive sampling by distributing questionnaires to 190 respondents. The data analysis technique used in this study is Amos' Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study indicate that brand image and brand awareness as mediation have an indirect positive and insignificant effect on purchasing decisions, digital marketing has a direct positive and significant effect on brand image and brand awareness. Meanwhile, digital marketing has a negative and insignificant effect on purchasing decisions. Other results of brand image and brand awareness have a direct and not significant positive effect on purchasing decisions.
Keywords: Digital Marketing, Brand Image, Brand Awareness and Purchase Decision
Abstrak
Penelitian ini bermula dari adanya fenomena pada objek penelitian dan research gap pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini sekaligus memiliki pembaharuan dari variabel citra merek dan kesadaran merek yang berperan sebagai variabel mediasi. Atas dasar itu, Peneliti mengembangkan suatu pendekatan teatrikal guna untuk mengisi research gap tersebut dan diharapkan memiliki kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya Manajemen. Lokasi penelitian ini bertempat pada Yayasan Kopi Maluku selaku pengelola Kopi Tuni Maluku.Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 190 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) Amos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan kesadaran merek sebagai mediasi berpengaruh tidak langsung secara positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, digital marketing berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap citra merek dan kesadaran merek. Sementara digital marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil lainnya citra merek dan kesadaran merek secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Digital Marketing, Citra Merek, Kesadaran Merek, Keputusan PembelianReferensi
Adam Faritzal, Adinda Larasati, Annisa Ersa WulanDari, Natasya Salsabilla Anasyahrie, Nur Alifiana Maharani, Tasyimah Keisya Agustina. 2022. The Influence Of Online Customer Review, Brand Image And Digital Marketing On Purchasing Product Decisions Customers For Korean Cosmetics Product In Indonesia: Case Of Innisfree. WIBEST-III. Universitas Widyatama.
Al-arif, M.Nur Rianto. 2012. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Ariani, D.W. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
August Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5 ed.). Jawa Tengah: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Azmi, Muhammad, 2021 Pengaruh Promosi Melalui Instagram oleh Mom’s Coffee and Kitchen dalam Pembentukan Brand Awareness dan Keputusan Pembelian pada Konsumen. Universitas Islam Indonesia.
Barreda, A. A., Bilgihan, A., Nusair, K. and Okumus, F. (2015). Generating brand awareness in Online Social Networks. Computers in Human Behavior, 50, 600-609.
Budi Harto, Abdul Rozak, Arief Yanto Rukmana 2021 Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 67-74.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Exellence. Planning and optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.
Dharmmesta, Basu Swastha dan Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Dita Putri Anggraeni, Srikand Kumadji, Sunarti. Agustus 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 37 No. 1
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Fransiska Purwanto 2021 Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian lipstik Revlon di Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Fredyan Alan Werry. 2020. PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Universitas Sanata Dharma.
Hair J.F., et al. 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya
Hassan Jawad Soomro, Ghulam Akbar Khaskheli, Awais Khan Jumani, Akhtiar Hussain Shar, 2020. Intervening analysis of internet marketing between the relationship of brand awareness and online purchase decision of mobile products among the students of Heis in Pakistan. Faculty of science and technology pakistan ilma university.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Hilda Faradita Chasanah , Saino. 2022. THE EFFECT DIGITAL CONTENT MARKETING AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASING DECISIONS THROUGH BUYING INTEREST AS INTERVENING VARIABLE. Business Education Department, Jurnal Mantik, 6 (1) 551-559
http://www.tahuribabunyi.com/2021/09/kopi-tuni-eksis-di-athena. Diakses pada tanggal 24 april 2023
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton Diakses pada tanggal 24 april 2023
https://news.republika.co.id/berita//rdsb3q457/kopi-tuni-kabeta-craft-maluku-jadi-cendermata-forum-g20 Diakses pada tanggal 24 april 2023
Jumiati Safitri. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Instan Nescafe di Kabupaten Minas Kabupaten Siak. UIN Suska Riau
Kadek Ayuk Riska Oktavenia, I Gusti Agung Ketut Sri Ardani. 2019. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI PEMEDIASI. Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8.
Kompyang Gede Sathya Narayana, Gede Bayu Rahanatha. 2020. Peran Brand Image Mediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 5: 1962-1982
Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. “Manajemen Pemasaran Edisi 13/ Jilid 1”. Bob Sabran, Penerjemah. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management,14th Edition. United States of America : Pearson
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Liesander, Indra. 2017. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Lima Di Jawa Timur. Jurnal Strategi Pemasaran, vol. 4, no. 2
Melisa Virjinia Inkiriwang, Imelda Wellin Juliana Ogi, Woran Djemly. 3 Juli 2022. THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING, PRODUCT QUALITY AND EMOTIONAL ON CONSUMER SATISFACTION OF PINKY KITTY SHOP TONDANO. Jurnal EMBA Vol. 10.
Mochammad Jasin. 2022. The Role of Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention of SMEs Product. Journal of Information Systems and Management (JISMA). Vol.1 Aguspati Research Instituta.
Mochammad Jasin. 2022. The Role of Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention of SMEs Product. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT Vol. 01 No.04
Peter J, Paul dan Olson, Jerry C. (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasara. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Jakarta : Salemba Empat
Prajanu Pitamakoro Dr. Tony Wijaya, S.E., M.M. 2018. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk Instan (Studi Kasus Pada Top Coffee Di Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.
Prawirosentono, Suyadi. 2002. Manajemen Operasi, Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawirosentono, Suyadi. 2002. Manajemen Operasi, Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama
Rizky Syamsidar, Euis Soliha. September 2019. Pengaruh Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Proses Keputusan Pembelian. Vol 26 No 2 (2019): Vol. 26 No. 2.
Rolis Triansyah Afif. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Indocafe. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Ryan Kristo Muljono. 2018. Digital Marketing Concept. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Satria Tirtayasa, Anggita Putri Lubis, Hazmanan Khair. 2021. Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen Vol 5, (1).
Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, Fristin, Y., & Indra, G. K. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 3 No. 1.
Syarif Hidayatullah, Surya Wahyuning Tiyas , Stella Alvianna, Anisa Zuhria Sugeha, Ike Kusdyah Rachmawati. 13 Desember 2021. Peran Mediasi Brand Images Pada Hubungan Antara Social Media Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pariwisata Pesona Vol 6, No 2.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Zufar Rafif Effendi , Endri Sentosa , Nursina, 2019 Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Seikou Coffee Depok. Universitas Persada Indonesia Y.A.I