DETEKSI DETERMINAN UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING

Penulis

  • Aprih Santoso Universitas Semarang Kampus

DOI:

https://doi.org/10.33477/eksy.v5i01.5480

Abstrak

Abstract

This study aims to analyze the effect of company size and profitability on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) in companies listed on JII. The samples used in this study were 14 companies registered on JII. The type of data used is secondary data sourced from financial reports in 2018-2022 via the web www.idx.com. Methods of data collection using purposive sampling. The results of this study indicate that simultaneously all independent variables, both company size and profitability, have a significant effect on Islamic Social Reporting (ISR) in companies listed on JII. However, the partial results of the study show that company size has a significant effect on Islamic Social Reporting in companies listed on JII, while profitability has no significant effect on Islamic Social Reporting in companies listed on JII.

Keywords: ISR, company size, profitability, JII

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas, terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di JII. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan yang terdaftar di JII. Jenis data yang dipakai adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan pada tahun 2018-2022 yang melalui web www.idx.com. Metode pengambilan data mengunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan seluruh variabel independen baik ukuran perusahaan maupun profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di JII. Namun hasil penelitian secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Islamic Social Reporting pada perusahaan yang terdaftar di JII, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Islamic Social Reporting pada perusahaan yang terdaftar di JII.

Kata Kunci: ISR, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, JII

Referensi

Asmara, Windi & Safira. (2016). Analisis Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Perusahan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah Tahun 2012-2015). Jurnal Profita. 9(3). 47-61.

Astuti, Tika. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Perusahan yang terdaftar di JII Tahun 2010-2012). Jurnal. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Astuti, Tri Puji. (2014). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Bank Syariah Indonesia”. Jurnal.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayu, D. F. (2010). Analisis Pengaruh Jenis Industri, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftar Jakarta Islamic Index (JII). Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Depok.

Cowen, S., Ferrari, L. & L. Parker. (1987). “The Impact of Corporate Characteristic on Social Accounting Disclosure: A Topology and Frequency Based Analysis”. Accounting, Organisations and Society. 12(2). 111-112.

Dewi, I. F. K., (2012). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Dan Porsi Kepemilikan Publik Atas Saham Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Jakarta Islamic Index. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Fitria dan Hartanti. (2010). Islam dan Tanggung Jawab Social: Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Haniffa, R. (2002). Social Reporting Dislosure – An Islamic Perspective Indonesian Management and Accounting Research, I(1). 128-146.

Khoiruddin, Amirul. (2013). Corporate Governance dan Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Maulida, A. P., Yulianto, A., Asrori. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). SNA 17 Mataram. Lombok. Universitas Mataram.

Nurhayati, S., & Wasilah. (2009). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Othman, R, Thani, A.M., & Ghani, E. K. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Sharia-Approved Companies in Bursa Malaysia.Research Journal of International Studies, 12, 4-20.

Othman, R., & Thani, A. M. (2010). Islamic social reporting of listed companies in Malaysia. The International Business & Economics Research Journal, 9(4), 135-144.

Putri, T. K., & Yuyetta, E. N. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2011-2012. Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 1153-1161.

Raditya, Amilia Nurul. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftra Efek Syariah (DES). Fakultas Ekonomi,Universitas Indonesia, Jakarta.

Rakhiemah, Adilla Nor & Dian Agustia. (2009). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap CSR Disclosure dan Kinerja Finansial Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Palembang: Simposium Nasional Akuntansi XII. 2009.

Ramadhani, Febri. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage,dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2010-2014). JOM Fekon, 3(1). 23-40.

Rizkiningsih, Priyesta, (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR): Studi Empiris pada Bank Syariah di Indonesia, Malaysia dan Negara-Negara Gulf Cooperation Council”.Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi, Universitas Indonesia

Rohaety, Ety, dkk. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta; Mitra Wacana Media.

Rosiana, R., Arifin, B., & Hamdani, M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Islamic Governance Score Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2010-2012). Esensi:Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(1), 87-104.

Sofyani, H., Ulum, I., Syam, D., & Wahjuni, S. (2012). Islamic social reporting index sebagai model pengukuran kinerja sosial perbankan syariah (studi komparasi Indonesia dan Malaysia). Jurnal Dinamika Akuntansi, 4(1), 36-46.

Taufik, dkk. (2015). Pengaruh Islamic Governance Score, Leverage dan Profitabilitas terhadap Islamic Social Reporting Index pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 2(1). 178-198.

Widyawati, S., & Raharja, S. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting: Perusahaan-Perusahaan yang Terdapat pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011. Diponegoro Journal of Accounting, 3(2). 1-12.

Diterbitkan

2023-09-19

Cara Mengutip

Santoso, A. (2023). DETEKSI DETERMINAN UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1). https://doi.org/10.33477/eksy.v5i01.5480

Terbitan

Bagian

Articles