DAMPAK DAN PERANAN PEMIKIRAN POLITIK TOKOH ISLAM (JAMALUDDIN AL-AFGHANI, MUHAMMAD ABDUH DAN MUHAMMAD IQBAL) TERHADAP PEMBARUAN DUNIA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v5i02.6921Abstrak
Abstract
Jamaluddin Al-Afghani was one of the drivers of the renewal and revival of Islam in the 19th century. Muhammad Abduh was one of the most important figures in the religious reform movement in the Islamic world in the 19th and early 20th centuries. Muhammad Iqbal was a very important figure in the religious reform movement in the Islamic world in the early 20th century. The research method used is qualitative library research. The result of this research is that the hallmark of Al-Afghani's thinking is about the idea of pan-Islamism, the organization aims to unite the forces of the Muslims to resist the domination of imperialism in Islamic countries. Muhammad Abduh's prominent thought was to bring ishlah (reforms) to formal education, namely the improvement of language and abolish the concept of dualism of education. Muhammad Iqbal's prominent thought was about khudi (ego).
Keywords: Thought, Al-Afghani, Abduh, Iqbal, Pan-Islamisme
Abstrak
Salah satu kekuatan utama di balik kelahiran kembali dan kebangkitan Islam abad ke-19 adalah Jamaluddin Al-Afghani. Selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, Muhammad Abduh memainkan peran penting dalam gerakan reformasi agama dunia Islam. Muhammad Iqbal memiliki peran penting dalam gerakan reformasi agama dunia Islam awal abad ke-20. Penelitian kepustakaan adalah metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pan-Islamisme, sebuah organisasi yang berusaha menyatukan umat Islam untuk menentang hegemoni imperialisme atas negara-negara Islam, adalah ciri khas pemikiran Al-Afghani. Muhammad Abduh adalah seorang pemikir terkenal yang menganjurkan ishlah (reformasi) dalam pendidikan formal, yaitu untuk pengembangan bahasa dan penolakan terhadap gagasan dualisme pendidikan. Salah satu ide Muhammad Iqbal yang paling terkenal adalah tentang khudi (ego).
Kata kunci: Pemikiran, Al-Afghani, Abduh, Iqbal, Pan-IslamismeReferensi
Abdullah, Teuku, and T A Sakti. “Teologi Rasional: Pemikiran Muhammad Abduh.” Riwayat: Educational Journal of History and Humanities 30, no. 2 (2021): 6–15. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/.
Ainiah. “Modernisasi Pemikiran Dalam Islam Dari Jejak Jamaluddin Al-Afghani.” Mubeza:vJurnal Ilmiah Pendidikan 11, no. 1 (2021): 1–10.
Amelia, Kiki Rizki, Rini Rahayu Kurniati, and Ratna Nikin Hardati. “Implementasi Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji (Studi Pada Bank Muamalat Kc Malang).” Jiagabi 9, no. 2 (2020): 167–174.
Atika, Fitri Budi, and Rizal Al Hamid. “Kebebasan Anak Perspektif Filsafat Khudi Muhammad Iqbal Pada TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul.” Humanika 23, no. 1 (2023): 37–46.
Budiyanto, Tenda. “Hermeneutika Hadist: Studi Pemikiran Muhammad Iqbal.” Khulasah : Islamic Studies Journal 2, no. 1 (2020): 71–84.
Darmawan, Budi, Eka Putra Wirman, Zainal, and Efendi. “Muhammad Abduh: Reformasi Dan Purifikasi Intelektualitas Dunia Pendidikan Islam Tahun 1866-1905 M.” Journal of Geometry 114, no. 2 (2023): 188–195.
Fadli, Yusuf. “Pemikiran Politik Islam Klasik (Studi Awal Atas Perspektif Kalangan Sunni).” Journal of Government and Civil Society 2, no. 1 (2018): 89.
Faqihuddin, Ahmad. “Knowing the Figure of Islamic Warriors Jamaluddin Al-Afghani.” Al-Risalah 13, no. 2 (2022): 583–599.
Hawi, Akmal. “Akmal Hawi Keberagaman Komunitas Muslim Dan Islam Keindonesiaan.” Medina-Te : Jurnal Studi Islam 16, no. 1 (2017): 9–24.
Inayati, Anindya Aryu. “Epistemologi Hukum Islam Sir Muhammad Iqbal.” Jurnal Ulumul Syar’i 10, no. 1 (2021): 1–23.
Iqbal, Muhammad, Dan, and Amin Husein. Pemikiran Politik Islam Dari Masa Klasik Hingga Indonesia Kontemporer. Cetakan ke. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Khairiyanto. “Pemikiran Jamaluddin Al-Afghani Dan Muhammad Abduh Serta Relasinya Dengan Realitas Sosial Di Indonesia.” Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy 1, no. 2 (2019): 45–62.
Khuza’i, Rodliyah. “Pemikiran Politik Mohammad Iqbal.” Mimbar 19, no. 2 (2003): 179–194.
Kirom, Syahrul. “Pemikiran Muhammad Iqbal Dalam Perspektif Filsafat Ketuhanan.” Aqlania: Jurnal Filsafat dan Teologi Islam 13, no. 1 (2022): 65–84.
Lubis, M Iqbal, Munzir Hitami, and Alpizar Alpizar. “Pemikiran Muhammad Iqbal : Pengaruh Rekonstruksi Pendidikan Islam Pada Dunia Pendidikan Tinjauan Filosofis Antropologis.” at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2022): 99.
M. Fadholi, Muhammad Aziz, and Hery Purwanto. “Dimensi Rasional Dalam Pemikiran Muhammad Abduh 1849-1905.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 9, no. 2 (2019): 246–259.
Muhammad Nurcholish, Nurzaman. “Konsep Pembaharuan Pendidikan Dalam Pemikiran Muhammad Abduh.” Online Thesis 10, no. 2 (2015): 1–20.
Nasikhah, Khafidhotun. “Meneropong Praktik Nsionalisme Bernegara Dalam Fiqih Kebangsaan.” Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 2, no. 1 (2021): 57–68. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS.
Nurtina, Sitti. “The Dynamics of Applying Panislamism As a New Politic Concept.” Journal of Islamic World and Politics 3, no. 1 (2019): 482–498.
Permata, Maulin, Adenan, Indra Harahap, Masriono Lubis, Muhammad Nasir, and Muhammad Yakub. “Perkembangan Peradaban Islam Masa Modern.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5, no. 2 (2022): 368–374.
Rahmad, Nur, Teguh Septiyadi, and Liana Nurpadjarillah. “Pembaharuan Dalam Islam Abad 19.” Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 1, no. 2 (2023): 168–176.
Riyanto, Ridho. “Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 4 (2022): 557.
Rizali, M. “Modernisasi Pendidikan Islam.” Al-Kaffah 10, no. 1 (2022): 29–54.
Sahrullah, Indo Santalia, and Wahyuddin G. “Jejak Pemikiran Pembaruan Sosial Ekonomi Jamaluddin Al-Aghani Dan Muhammad Abduh Di Indonesia.” Uniqbu Journal Of Social Science (UJSS) 3, no. 2 (2022): 120–128.
Saputra, Andi. “Pan Islamisme Dan Kebangkitan Islam: Refleksi Filsafat Sosial Politik Jamaluddin Al-Afghani.” Akademika 14, no. 2 (2018): 68–84.
Sari, Herlini Puspika. “Rekonstruksionisme Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 19, no. 1 (2020).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Sukmanila, Dwi. “Kiprah Dan Kontribusi Jamaluddin Al-Afghani Dalam Pemikiran Modern Islam.” Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan (2019): 90.
Suwahyu, Irwansyah. “Telaah Terhadap Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammad Abduh.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2022): 1.
Taufik. “ANTARA MARTIN LUTHER DAN MUHAMMAD ABDUH : Reformasi Agama Perspektif Sosiologi Kebudayaan Dan Politik Kegamaan.” Al-Ittihad 6, no. 1 (2020): 1–26.
Usman, Abdul Malik, and Mardan Umar. “Modernisasi Pendidikan Islam ; Telaah Pemikiran Muhammad Abduh.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 15, no. 2 (2021): 237–258.
Usman, Muh. Ilham. “Paham Neo-Platonis Dan Negara Kesejahteraan: Kritik Muhammad Iqbal Terhadap Kesadaran Umat Islam.” Jurnal Studi Al-Quran-Hadis dan Pemikiran Islam 5, no. 1 (2023): 2745–3812.
Wahab, Fatkhul, and Zainuddin. “Pemikiran Dan Gerakan Pembaruan Politik Islam Jamaluddin Al-Afghani.” Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Islam 12, no. 2 (2022): 50–64.
Walid, Khairul, and Mohamad Salik. “Rekonstruksi Pemikiran Agama Dalam Mencegah Kemunduran Moralitas Pemuda (Telaah Pemikiran Sir Muhammad Iqbal).” Jurnal Filsafat Indonesia 5, no. 1 (2022): 47–52.
Zulkarnain. “Al-Hikmah Perbaikan Diri Menurut Mohammad Iqbal ( Telaah Teori Filsafat Islam ).” Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam 4, no. 2655–8785 (2022): 185–201.
Zulkarnain, and Wahyu Wiji Utomo. “Kontruksi Khudi Dalam Perpolitikan Indonesia Kontemporer.” Jurnal Ushuludin 18, no. 1 (2019): 128.