PERENCANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MIT AS SALAM AMBON

Authors

  • Gamar Assagaf

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v15i2.1414

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran program full day school di MIT As Salam Ambon. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitattif. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Waka kurikulum dan Guru kelas. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Michael Huberman yang gterdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran program full day school membentuk kualitas akhlak siswa. Perencanaan pembelajaran program full day school, mengintegrasikan antara kurikulum Kementerian Agama ( Kemenag), kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas) dan kurikulum Sekolah Islam Terpadu Nasional (JSIT) dengan muatan pendidikan Islam yang dirancang khusus dengan pendekatan teori kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual serta diperkaya dengan sistem pendekatan Islami melalui pengintegrasian antara aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan pendidikan agama

Published

2020-12-26