PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TAHUN 2013
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v9i2.4319Abstract
Desain pembelajaran mencakup tiga aspek: (1) menyusun tujuan pembelajaran, (2) menetapkan materi pembelajaran, (3) menentukan metode yang digunakan, dan (4) menetapkan penilaian yang akan dilakukan. Tujuan pembelajaran dapat diwujudkan dalam menetapkan kompetensi pembelajaran, baik standar kompetensi, kompetensi dasar maupun indicator pembelajaran. Materi pembelajaran berkaitan dengan isi pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik. Metode pembelajaran berkaitan dengan cara melaksanakan tujuan pembelajaran yang telah disusun dalam materi pembelajaran. Penilaian, evaluasi pembelajaran merupakan alat ukur keberhasilan kegiatan pembelajaran. Desain pembelajaran yang disebut terakhir ini merupakan alat ukur keberhasilan kegiatan pembelajaran. Desain pembelajaran yang disebut terakhir ini merupakan salah satu aktifitas yang harus dilakukan guru dalam mengakses materi pembelajaran dan mengukur pula keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas mengajar.
Keywords: Penilaian, pembelajaran.