PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ACCLARATED INTRUCTION (TAI) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII10 SMP NEGERI 14 AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v10i2.686Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model cooperatif learning tipe Team Acclarated Intruction (TAI). Subjek penelitian ini siswa kelas VIII10 SMP Negeri 14 Ambon tahun ajaran 2013-2014 berjumlah 34 siswa. Masalah yang dialami oleh siswa pada materi sistem pernapasan manusia disebabkan siswa keliru dalam menyebutkan dan menjelaskan alat-alat pernapasan pada manusia karena sebagian siswa tidak memerhatikan materi yang disampaikan oleh peneliti. Usaha yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa kelas VIII10 SMP Negeri 14 Ambon dalam menyelesaikan konsep sistem pernapasan manusia itu memberikan penguatan dan memerbanyak contoh saat memberikan materi agar siswa tidak keliru dalam menyelesaikan soal. Penelitian terdiri dari dua siklus. Siklus I nilai rata-rata pada tes awal mencapai 61,17% Hasil tes akhir siklus I mengalami peningkatan menjadi 75,58 %. Di siklus II mengalami peningkatan yang sangat besar berdasarkan nilai rata-rata mencapai 90,88 %. Keywords: Penerapan model kooperatif learning tipe Team Acclarated Intruction (TAI) sistem pernapasan manusia.References
Asri Budiningsih. C., 2004, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.
Authorized, 2005, “Hakekat belajar biologi”, Tulisan ini diakses tanggal 3 januari 2010 dari
http://www.forumpenelitian.blogspot.com/hakekat belajar biologi.
Abidin Syamsudin Nagkmum dan Udin Syaifudin Sa'id., 2005. Perencanaan Pen-didikan, Bandung: PT. Remaja Rosda-karya.
Boom. B.S , 2005, “Hasil Belajar Biologi”. Tulisan ini diakses tanggal 13 Januari dari
http://www.blospot.com/rancang hasil belajar biologi
Faiq Dzaki Muhammad, Pembelajaran Kooperatif, Tulisan di akses tanggal 09 Januari 2010 dari http/hipotesis.com.2009/108/10 Model Pembelajaran Kooperatif.
Hakim Thursam, Menjadi Manusia Pembelajaran, Tulisan ini diakses tanggal 6 Januari 2010 dari http:/www.blogspot.com/Menjadi Manusia Pembelajar. 2008.
http://hipotesis.com 2008/08/10 Model Pembelaaran Kooperatif
Komarudin Ukim, Sukoarjo., 2009. Landasan Pendidikan, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Lie Anita, 2005. Cooperative Learning, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mulyasa H.E. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pidarta Made, 2007. Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sukamadinata Syaodin Nana., 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana Nana, 1987, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana Nana, 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugono Dendy, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama .
Suhartono Tantan, Proses Pendidikan, Tulisan diakses Tanggal 2 Januari 2010 dari
http//www.doctoc.com/Proses Pendidikan 2008
Setiawan, “Model Pembelajaran Kooperatif, Tulisan ini di akses dari tanggal 5 Januari 2010 dari http:/www.doctoc.com/docs/Model Pembelajaran Kooperatif
Salvin, 2005. “Metode TAI, Tulisan di akses tanggal 4 Januari 2010 dari http:/www.doctoc.com/docs/Metode Pembelajaran TAI
Saktiyono, 2007. IPA Biologi untuk SMP dan MTs Kelas VIII, Jakarta: Jilid 2, PT. Gelora Aksara.
Sulipan, 2009. “Penelitian Tindakan Kelas” Tulisan ini diakses tanggal 16 Januari 2010 dari http://www.clasroom.com/penelitian tindakan kelas,
Uno B. Hamzah., 2006. Perencanaan Pembelajaran, Gorontalo: PT. Bumi Aksara.
Ukim Komarudin Sukarjo, Landasan Pendidikan, Jakarta: Remaja Grafindo Persada.
Uzer Usman, Moh., 1995. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yoyok Mardoyo dan Sudjoko, 2004. Pembelajaran Biologi, Yogyakarta, Yayasan Anak Bangsa Mandiri.