MODEL BELAJAR: TINJAUAN TEORETIK
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v10i2.698Abstract
Belajar merupakan sebuah aktivitas yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah kaku peserta didik. Komponen belajar yang terpenting terdiri dari pendidik, anak didik, materi, dan media. Interaksi edukatif berarti interaksi yang berlangsung dalam ikatan proses pendidikan, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Karena belajar memiliki berbagai tipe, pendidik sebagai pihak yang bertanggung jawab harus memiliki kepekaan terhadap anak didiknya. Pendidik harus memiliki sejumlah persyaratanm baik ebrkaitan dengan kepriabdian maupun profesionalitasnya. Keywords: Model Belajar, PedagogisReferences
Ahmadi Abu. & Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Pustaka Setia, 1997.
al-Faruqi, Ismail Razi. Tauhid its Implication for Thought and Life, Brentwood AS: The International Institute or Islamic Thought, 1982.
Ali, Muhammad. Pendidik dalam Proses Belajar Mengajar, Edisi Revisi, Bandung, Sinar Baru, 1987.
Anonimous, Pedoman Bahan Penataran Pendidik-Pendidik Agama pada Sekolah Umum, Jakarta: Departemen Agama RI, 1975.
Baharuddin dan Makin, Pendidikan Humanistik, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2009.
Basri, Hasan. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung, Pustaka Setia, 2009..
Darajat, Zakiah. Kepribadian Pendidik, Jakarta Bulan Bintang, 1980.
Dauly, Haidar Putra. Historisitas dan Eksistensi Pesantren Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta, Tiara Wacana, 2004..
Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta, 1999.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algresindo, 2004.
Hamalik, Oemar. Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Bandung, Sinar Baru, 1991.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2003.
Mujib. Abdul. dan Abdil Muzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana Predada Media Group, 2008.
NK., Roestiyah. Masalah Pengajaran sebagai Suatu Sistem (Jakarta: PT. Bina Aksara, 1982.
Papallia, Dianne E. et.al., Human Development, New York: Mc. Graw Book Company, 1978.
Ramayulis, Didaktik Metodik, Fakultas Tarbiyah IAIN “Imam Bonjol”, 1982.
Rasyad, Aminuddin. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, UHAMKA Press dan Yayasan PEP-EX 8, 2006.
Sardar, Zianuddin. The Future of Moslem Civilization, London: Croom Helm, 1979.
Somad, Burlian. Beberapa Persoalan dalam Pendidikan Islam, Bandung: PT alMa’arif, cet. Ke-1, 1981.
Tanress, Richart. Word Religious in Education Approaches to Islam, London,: John Murry Ltd. 1982.
Winkel, W.S. Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Grasindo, 1991.