PANDANGAN IMAM AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK DI LINGKUNGAN KELUARGA

Authors

  • La Adu IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v10i2.707

Abstract

Penilaian baik dan buruknya seseorang sangat ditentukan melalui akhlaknya. Akhirakhir ini kerusakan akhlak generasi muda tanpa kecuali para mahasiswa dan pelajar dengan segala jenis dan bentuknya adalah sebuah ancaman yang berbahaya tidak saja terhadap para pelakunya, tapi merupakan ancaman yang serius terhadap stabilitas sosial, ekonomi dan keamanan serta kesatuan bangsa. Untuk membentuk akhlak yang mulia, hendaknya penanaman akhlak terhadap anak digalakkan sejak dini, karena pembentukkannya akan lebih mudah dibanding setelah anak tersebut menginjak dewasa. Al-Ghazali merupakan seorang tokoh dan ulama besar yang memiliki corak pemikiran yang unik sebagaimana terlihat dari perkembangan pemikirannya. AlGhazali juga banyak mengulas tentang pendidikan akhlak. Lingkungan keluargalah menurut Al-Ghazali yang dominan dalam membina pendidikan akhlak, karena anak yang berusia muda dan kecil itu lebih banyak di lingkungan keluarga dari pada di luar. Keywords: Pendidikan Akhlak, Lingkungan Keluarga, Imam Al-Ghazali.

References

Abdullah, M. Amin, Antara Al-Ghazali dan Kant: Filsafat Etika Islam, alih bahasa Hamzah, Bandung: Mizan, 2002.

Abdullah, Mansur Thoha, Kritik Metodologi Hadis Tinjauan Atas Kontroversi Pemi kiran Imam Al-

Ghazali, Yogyakarta: Pustaka Rihlah, 2003.

Al-Ghazali, Abu Hamid, Ihyā' Ulūmuddīn, Juz III, Beirut: Dārul Kitabil Islamiy, t.t.

_______, Ihyā' Ulūmuddīn, Jilid III dan IV, alih bahasa Ismail

Ya'kub, Surabaya: Faisan, 1964.

_______, Mizan al-'Amal, alih bahasa A. Musthofa, cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

_______,Mukhtashar Ihyā' Ulūmuddīn, alih bahasa Irawan Kurniawan, Cet. II, Bandung: Mizan, 2007.

Al Jumbulati, Ali, Perbandingan Pendidikan Islam, alih bahasa M. Arifin, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Amien, Miska Muhammad, Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan Islam, cet. I, Jakarta, Universitas Indonesia Press, 2003.

Asmaran As, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Rajawali Press dan LSIK, 2002.

_______, Pengantar Studi Tasawuf, cet. I Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004.

Azra, Azyurmardi, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos,

Boediono dkk., Pengkajian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Budi Pekerti, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 021, Tahun ke-5., Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Januari 2000.

Darajat, Zakiah, Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang, 2006.

Fadjar, Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 2009.

Fuaduddin TM, Pengasuhan Anak dalam Keluarga Islam, cet. I Jakarta: Lembaga Kajian Agama dan Jender, 2009.

Hanafi, A., Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2006.

Held, Virginia, Etika Moral Pembenaran Tindakan Sosial, Jakarta: Erlangga, 2001.

Kholiq, Abdul, dkk., Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Madjidi, Busyairi, Konsep Kependidikan Para Filosof Muslim, Cet. I, Yogyakarta: Al Amin Press, 2007.

Nasution, Harun, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Prof. DR. Harun Nasution, Bandung: Mizan, 2008.

_______, Perlunya Menghidupkan Kembali Pendidikan moral”, dalam Pendidikan Agama dalam Perspektif Agama-agama, Yogyakarta: tp, 2009.

Nasution, Muhammad Yasir, Manusia Menurut Al-Ghazali, cet. I, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Partowisastro,Koestoer, Dinamika Psikologi Sosial, cet. I., Jakarta: Erlangga, 2003.

Quasem, M. Abul dan Kamil, Etika AlGhazali: Etika Majemuk Di dalam Islam, Bandung: Pustaka, 2008.

Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos, 2001.

Rahman, Fazlur, Islam, alih bahasa Senoaji Saleh, Cet. I., Jakarta: Bina Aksara, 2007.

Rusn, Abidin Ibnu, Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan, cet. I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Said, M., Imam Al-Ghazali tentang: Falsafah Akhlak, cet. ke-5, Bandung: AlGhazalil-Ma'arif, t.t.

Sulaiman, Fathiyyah Hasan, Aliran-aliran dalam Pendidikan: Studi Tentang Aliran Pendidikan Menurut Al-Ghazali, alih bahasa Agil Husain Al-

Munawar dan Hadri Hasan, Semarang: Dina Utama, 2003.

Ulwan, Abdullah Nasih, Pendidikan Anak dalam Islam, alih bahasa Jamaluddin Miri, Cet. ke-3, Jakarta: Pustaka Amani, 2002.

Zainuddin dkk., Seluk-Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Zakaria, Teuku Ramli, Pendidikan Budi Pekerti, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 021, Tahun ke-5, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Januari 2000.

Zurayk, Ma'ruf, Aku dan Anak, Bimbingan Praktis Mendidik Anak Menuju Remaja, alih bahasa M. Syaifuddin dkk., Bandung: Al-Bayan, 2005.

Downloads

Published

2019-01-09