PEMBELAJARAN INSYA (KITABAH) DENGAN MEDIA STRIP STORY

Authors

  • Hayati Nufus IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v10i2.708

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab seringkali tidak membuat pembelajar tertarik dan ingin lebih banyak memahami, hal ini terjadi karena pembelajaran cenderung monoton dan kaku, sehingga pembelajaran merasa bosan dan tidak bergairah. Melihat kondisi seperti ini para pengajar seharusnya berinisiatif untuk melakukan pembelajaran dengan menarik, salah satunya adalah dengan penggunaan media.media yang dipilih pun sebaiknya yang Interaktif dan membuat pembelajar aktif da kreatif sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. Strip strory merupakan salah satu media yang ditawarkan oleh pakar bahasa dunia untuk mengajak pembelajar lebih fun dan tertarik dalam pembelajarn bahasa. Strip story dipilh karena media ini selain menarikdan membuat pembelajar kreatif karena pembuatannyapun sangat mudah dan murah. Media ini sangat membantu pengajar untuk melatih kemampuan berbahasa pembelajar khususnya pada keterampilan menulis (insya). Kata Kunci: Media Pembelajaran, Strip Story

References

Abdul Hamid dkk., Pembelajaran bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Hayati Nufus, Communicative Grammar in Arabic Teaching Language. Magelang: PKBM Ngudi ilmu, 2013

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Imam Asrori, ‚Konsepsi Kurikulum Tentang pengajaran BA di MI dan kelemahan pengembangannya dalam Buku Teks‛ , Makalah disajikan pada PINBA II di UGM Yogyakarta, 20-21 juli 2001.

Khanifatul, Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Zainal Aqib. Model-model, Media dan Strategi pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya, 2013.

Mohammad Ahsanuddin, ‚Pemanfaatan media dalam menunjang kemahiran Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas Madrasah Ibtidaiyyah.‛, Makalah, 25 Januari 2006.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cirebon: Pustaka pelajar, 2004.

Samsul Afandi, ‚Penggunaan Teknologi Pengajaran Bahasa untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam berbahasa Arab‛, Makalah, 2009.

Muhammad Syairozy Dimyati, dkk., AlNathiq Al-‘Araby Jilid 2. Tangerang: Lafadz Book Indonesia, 2012.

Downloads

Published

2019-01-09