Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Ambidextrous Terhadap Perubahan Digital dan Produktivitas Guru di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Blitar
DOI:
https://doi.org/10.33477/eureka.v3i2.11659Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan ambidextrous terhadap perubahan digital dan produktivitas guru di sekolah dasar negeri Kabupaten Blitar. Latar belakang penelitian didasarkan pada urgensi kepemimpinan adaptif dan inovatif di era digital, ketika kepala sekolah dituntut mampu menyeimbangkan antara dorongan terhadap inovasi baru dan optimalisasi praktik yang sudah ada untuk meningkatkan kinerja sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode analisis regresi. Populasi penelitian meliputi 20 sekolah dasar negeri yang dipilih melalui purposive sampling (pengambilan sampel bertujuan), dengan total sampel sebanyak 169 guru yang ditentukan melalui proportional random sampling (pengambilan sampel acak proporsional). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner tertutup berisi 75 butir pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan ambidextrous kepala sekolah berada pada kategori tinggi hingga sangat tinggi, dengan apresiasi lebih positif dari guru berstatus pegawai negeri sipil serta guru berusia di atas 36 tahun. Tingkat perubahan digital juga berada pada kategori tinggi, terutama diapresiasi oleh guru senior dan pegawai negeri sipil. Produktivitas guru dikategorikan tinggi, lebih menonjol pada guru perempuan, pegawai negeri sipil, dan kelompok usia di atas 36 tahun. Analisis lebih lanjut menegaskan adanya pengaruh positif signifikan perilaku kepemimpinan ambidextrous terhadap perubahan digital maupun produktivitas guru. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan ambidextrous berperan penting dalam membangun ekosistem sekolah yang inovatif dan efisien. Implikasi dari temuan ini mendorong pengambil kebijakan, institusi pendidikan, dan penyelenggara pelatihan guru untuk memperkuat kapasitas kepemimpinan, mendukung adaptasi teknologi, serta meningkatkan kinerja guru dalam menghadapi tantangan perubahan digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).


