Manajemen Laboratorium Komputer: Studi Kasus pada SMA Negeri 8 Kabupaten Seram Bagian Barat
Abstract
Manajemen laboratorium komputer adalah usaha untuk mengelola laboratorium komputer agar dapat menjalankan fungsinya secara efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen laboratorium komputer di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi serta upaya untuk mengatasi hambatan di laboratorium kompuetr SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan tahap reduksi data, penyajian dan dan menarik kesimpulan, mengenai pelaksanaan manajemen laboratorium komputer di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen laboratorium komputer SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat terdiri dari aspek perencanaan (perencanaan program kerja laboratorium komputer, perencanaan penentuan petugas laboratorium komputer, perencanaan jadwal penggunaan laboratorium komputer dan perencanaan pengadaan peralatan laboratorium komputer), aspek pengoraganisasian (penentuan pengelola laboratorium komputer), aspek pelaksanaan (pencatatan, pemeliharaan dan perbaikan) aspek pengawasan (pengawasan langsung dan laporan). Hamabatn yang dihadapi terdiri dari, aspek perencanaan (kurangnya dana, pendemi covid, jadwal yang tidak pasti), aspek pengorganisasian (kurangnya tenaga ahli), aspek pelaksanaan (peranggran terhadap tata tertib) aspek pengawasan (kuranngaya tenaga laboratorium komputer, tidak ada CCTV). Upaya untuk mengatasi hambatan yaitu, aspek pengorganisasian (pengajuan proposal bantuan kepada dinas, tetap memfasilitasi peserta didik untuk menggunakan laboratorium komputer), aspek pengorganisasian (memberikan tanggung jawab pengelolaan laboratorium komputer kepada guru), aspek pelaksanaan (teguran kepada para pelanggar), aspek pengawasan, (berkeliling ruang laboratorium komputer dan laporan). .
Kata Kunci: Manajemen, Laboratorium, Komputer
References
Indrawan, Irjus. 2020. Manajemen Laboraturium Pendidikan.Pasuruan: Mada University Press.
Lahaji Dan Habibie Yusuf, 2020. Pokoknya Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Tulungaagung, Cahaya Abadi.
Maulana, Arman Dan Siti Rosmayati.2020. Manajemen Koperasi Teori Dan Latihan Pengelolaan Organisasi Koperasi. Lembang : Guepedia.
Ningrum Harini Fajar.2016. Dasar Ilmu Manajemen. Bandung: CV Media Sians Indonesia.
Nurdiansyah,Haris. dan Robbi S. Rahman.2019. Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Prayitno Dan Ruswidaryanto. 2021. Ekonomi.. Jakarta: PT Gramedia Widiarsana Indonesia.
Rasyid, Harun Al dan Rahman Nasir.2019. Pengelola Laboraturium IPA Sekolah,.Klaten : Lakeisha.
Robert K. Yin. 1989. Case Study Research Design And Methods. Washington : Cosmos.
Sindu, I Gede P. dan A.A. Gede Y. Paramartha. 2018. Dasar Sistem Komputer. 2 Depok: Rajawali Pers.
Soemohadwidjojo, Arini T. 2014. Mudah Menyusun SOP Standard Operating Procedure. Jakarta: Penebar Plus.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Kualitatif f dan R dan H, Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).