Manajemen Laboratorium Komputer: Studi Kasus pada SMA Negeri 8 Kabupaten Seram Bagian Barat

Authors

  • Siti Nur Jihan Rumain IAIN Ambon
  • Dewinofrita Dewinofrita IAIN Ambon
  • Rhaishudin Jafar Rumandan IAIN Ambon

Abstract

Manajemen laboratorium komputer adalah usaha untuk mengelola laboratorium komputer agar dapat menjalankan fungsinya secara efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen laboratorium komputer di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat dan  untuk mengetahui hambatan yang dihadapi serta upaya untuk mengatasi hambatan di laboratorium kompuetr SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan tahap reduksi  data, penyajian dan dan menarik kesimpulan, mengenai pelaksanaan manajemen laboratorium komputer di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen laboratorium komputer SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat terdiri dari aspek  perencanaan (perencanaan program kerja laboratorium komputer, perencanaan penentuan petugas laboratorium komputer, perencanaan jadwal penggunaan laboratorium komputer dan perencanaan pengadaan peralatan laboratorium komputer), aspek pengoraganisasian (penentuan pengelola laboratorium komputer), aspek pelaksanaan (pencatatan, pemeliharaan dan perbaikan) aspek pengawasan (pengawasan langsung dan laporan). Hamabatn yang dihadapi terdiri dari, aspek perencanaan (kurangnya dana, pendemi covid, jadwal yang tidak pasti), aspek pengorganisasian (kurangnya tenaga ahli), aspek pelaksanaan (peranggran terhadap tata tertib) aspek pengawasan (kuranngaya tenaga laboratorium komputer, tidak ada CCTV).  Upaya untuk mengatasi hambatan  yaitu, aspek pengorganisasian (pengajuan proposal bantuan  kepada dinas, tetap memfasilitasi peserta didik untuk menggunakan laboratorium komputer), aspek  pengorganisasian (memberikan tanggung jawab pengelolaan laboratorium komputer kepada guru), aspek pelaksanaan (teguran kepada para pelanggar), aspek pengawasan, (berkeliling ruang laboratorium komputer  dan laporan).  .

Kata Kunci: Manajemen, Laboratorium, Komputer

References

Indrawan, Irjus. 2020. Manajemen Laboraturium Pendidikan.Pasuruan: Mada University Press.

Lahaji Dan Habibie Yusuf, 2020. Pokoknya Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Tulungaagung, Cahaya Abadi.

Maulana, Arman Dan Siti Rosmayati.2020. Manajemen Koperasi Teori Dan Latihan Pengelolaan Organisasi Koperasi. Lembang : Guepedia.

Ningrum Harini Fajar.2016. Dasar Ilmu Manajemen. Bandung: CV Media Sians Indonesia.

Nurdiansyah,Haris. dan Robbi S. Rahman.2019. Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Prayitno Dan Ruswidaryanto. 2021. Ekonomi.. Jakarta: PT Gramedia Widiarsana Indonesia.

Rasyid, Harun Al dan Rahman Nasir.2019. Pengelola Laboraturium IPA Sekolah,.Klaten : Lakeisha.

Robert K. Yin. 1989. Case Study Research Design And Methods. Washington : Cosmos.

Sindu, I Gede P. dan A.A. Gede Y. Paramartha. 2018. Dasar Sistem Komputer. 2 Depok: Rajawali Pers.

Soemohadwidjojo, Arini T. 2014. Mudah Menyusun SOP Standard Operating Procedure. Jakarta: Penebar Plus.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Kualitatif f dan R dan H, Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Rumain, S. N. J., Dewinofrita, D., & Rumandan, R. J. (2023). Manajemen Laboratorium Komputer: Studi Kasus pada SMA Negeri 8 Kabupaten Seram Bagian Barat. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 1(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/4458