Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Pembelajaran di MTs Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat

Authors

  • Sulfitri Elly IAIN Ambon
  • Nurhasanah Nurhasanah IAIN Ambon
  • Habiba Waliulu IAIN Ambon

Abstract

Supervisi Kepala sekolah adalah upaya untuk meningkatkan pembelajaran agar siswa dapat belajar lebih baik, atau bantuan yang diberikan administrator sekolah dalam melaksanakan tugas profesional guru. Tujuan penelitian ini adalah melakukan supervisi kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru pada kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Provinsi Seram Barat dan  untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi supervisi kepala sekolahdalam meningkatkan kinerja guru pada pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Daarut Taqwa Kasieh, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Barat. metode penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif, pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasional, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, validasi, dan inferensi untuk supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran di MTs Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Selum Barat Memberikan diagram secara rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan di Madrasah Tsanawiya Darut Takwa Kassie Kecamatan Taniwell Kabupaten Seram Barat. B. Merencanakan program supervisi, pendekatan langsung (mengajar, memotivasi, kunjungan kelas, mengajar guru cara membuat perangkat pembelajaran) dan pendekatan tidak langsung (penghargaan guru), evaluasi (peringkat dan peringatan untuk supervisi). ) berupa tindak lanjut (peninjauan dan pelaksanaan pelatihan). Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik oleh administrator sekolah. Ini mendukung faktor-faktor seperti motivasi guru dan dukungan masyarakat sementara faktor penghambat seperti infrastruktur dan waktu yang tidak memadai.

Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Pembelajaran

References

Ardik Nurcahyani, Peran Supervisi Pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Nglayang Kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo,etheses .Iainponorogo.ac.id, diakses pada tanggal 04 Januari 2022.

Djam‟an, Satori dan Aan, Komariah. 2011..Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.

E. Mulyasa.2012.Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah,Cet. I Jakarta. Bumi Aksara .

Imam Nawawi.1999.Terjemah Riyadhus Shalihin Jilid 1, Jakarta : Pustaka Aman.

M. Ngalim Purwanto 2009.

Margono.2009.Metode Penelitian Pendidikan,cet. VII; Jakarta : PT. Rineka Cipta

Moh.suardi. 2018.belajar dan pembelajaran .yogyakarta : Deefpublish.

Mulyasa. 2012. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta:Bumi Aksara.

Raco. 2010. Metode Penelitian kualitatif, Cikarang : Grasindo.

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RND, Bandung: ALFABET.

Suharsimi Arikunto.2004.Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumarni,Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru SDN Centre Mawang Kabupaten Gowa,di akses tanggal 04 januari 2022.

Supardi. 2014. Kinerja Guru, Jakarta:Raja Wali Pers.

Tuti supatminingsih Dkk. 2020. Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Media Sains indonesia.

Husaini Usman, Manajemen; Teori Praktek, dan Riset Pendidikan, (jakarta: Bumi Aksara,2008), hlm.66.

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Elly, S., Nurhasanah, N., & Waliulu, H. (2023). Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Pembelajaran di MTs Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 1(1), 13–21. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/4460