Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Pembelajaran di MTs Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat
Abstract
Supervisi Kepala sekolah adalah upaya untuk meningkatkan pembelajaran agar siswa dapat belajar lebih baik, atau bantuan yang diberikan administrator sekolah dalam melaksanakan tugas profesional guru. Tujuan penelitian ini adalah melakukan supervisi kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru pada kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Provinsi Seram Barat dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi supervisi kepala sekolahdalam meningkatkan kinerja guru pada pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Daarut Taqwa Kasieh, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Barat. metode penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif, pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasional, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, validasi, dan inferensi untuk supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran di MTs Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Selum Barat Memberikan diagram secara rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan di Madrasah Tsanawiya Darut Takwa Kassie Kecamatan Taniwell Kabupaten Seram Barat. B. Merencanakan program supervisi, pendekatan langsung (mengajar, memotivasi, kunjungan kelas, mengajar guru cara membuat perangkat pembelajaran) dan pendekatan tidak langsung (penghargaan guru), evaluasi (peringkat dan peringatan untuk supervisi). ) berupa tindak lanjut (peninjauan dan pelaksanaan pelatihan). Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik oleh administrator sekolah. Ini mendukung faktor-faktor seperti motivasi guru dan dukungan masyarakat sementara faktor penghambat seperti infrastruktur dan waktu yang tidak memadai.
Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Pembelajaran
References
Ardik Nurcahyani, Peran Supervisi Pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Nglayang Kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo,etheses .Iainponorogo.ac.id, diakses pada tanggal 04 Januari 2022.
Djam‟an, Satori dan Aan, Komariah. 2011..Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.
E. Mulyasa.2012.Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah,Cet. I Jakarta. Bumi Aksara .
Imam Nawawi.1999.Terjemah Riyadhus Shalihin Jilid 1, Jakarta : Pustaka Aman.
M. Ngalim Purwanto 2009.
Margono.2009.Metode Penelitian Pendidikan,cet. VII; Jakarta : PT. Rineka Cipta
Moh.suardi. 2018.belajar dan pembelajaran .yogyakarta : Deefpublish.
Mulyasa. 2012. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta:Bumi Aksara.
Raco. 2010. Metode Penelitian kualitatif, Cikarang : Grasindo.
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RND, Bandung: ALFABET.
Suharsimi Arikunto.2004.Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sumarni,Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru SDN Centre Mawang Kabupaten Gowa,di akses tanggal 04 januari 2022.
Supardi. 2014. Kinerja Guru, Jakarta:Raja Wali Pers.
Tuti supatminingsih Dkk. 2020. Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Media Sains indonesia.
Husaini Usman, Manajemen; Teori Praktek, dan Riset Pendidikan, (jakarta: Bumi Aksara,2008), hlm.66.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).