Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Negeri Ambon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalasis: (1) Manajemen sarpras dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri Ambon. (2) Faktor pendukung dan penghambat manajemen sarpras dalam memotivasi belajar peserta didik di MTs Negeri Ambon. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 25 Maret 2022 sampai dengan 25 April 2022. Informan/narasumber penelitian ini berjumlah 28 orang terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala Tatausaha, Wakil Kepala Madrasah Sarpras, Pengelola Barang Milik Negara (BMN), 6 orang guru (Guru-guru kali kelas) serta 18 orang peserta didik terdiri dari 9 orang kelas VII dan 9 orang kelas VIII. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi serta menggunakan analasis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Manajemen sarpras memanglah harus dilakukan dan dioptimalkan dengan baik diantaranya a) Merencanakan kebutuhan sarpras. b) Melakukan pengadaan kebutuhan sarprasnya. c) Melakukan penyaluran kepada pengelola sarpras. d) Melakukan inventaris atau pencatatan kepada sarpras. e) Melakukan penyimpanan atas sarpras. f) Melakukan pemeliharaan dengan baik atas sarpras. g) Melakukan penghapusan terhadap sarpras. h) Melakukan pengawasan terhadap sarpras. Sehingga beberapa hal berikut bisa tercapai dan motivasi belajar dengan sendirinya akan timbul pada peserta didik. Yaitu antara lain terciptanya kondisi belajar yang kondusif, terciptanya suasana belajar yang nyaman, terciptanya kemudahan dalam belajar serta terciptanya motivasi atau keinginan belajar. 2) Faktor Pendukung diantaranya a) Memadainya sarpras. b) Pengelolaan sarpras. Faktor Penghambat diantaranya a) Sarana dan Prasana. b) Pengoptimalan tata kelola sarpras. c) Kesadaran dalam menjaga sarpras. d) Biaya (dana untuk sarpras)
Kata Kunci: Manajemen Sarpras, Motivasi Belajar
References
Ahmadi Abu, Psikologi Sosial, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991)
Aruikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, Wakaf dari Pelayanan Dua Tanah Suci Raja Fahd bin Abdul Aziz A-Sud’ud
Haris Nurdiansyah & Robbi Saepul Rahman, Pengantar Manajemen, (Yogyakarta: Dianda Kreatif, 2019).
Indrawan Irjus, Pengantar Manajemene Sarpras Sekolah, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2015)
Kelompok PPKT dan Magang III, Laporan Kelompok Kegiatan Mahasiswa, (Ambon: FITK IAIN Ambon, 2021)
Mukhid Abd., Metodologi Penelitian, (Surabaya: CV Jakad Media Publishing, 2019)
Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015)
Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015)
Mustari Mohamad, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015)
Narbuko Chalid dan Abu Achmad, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)
Octavia Sliphy A., Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020)
Sugiono, Metode Penelitian Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta, 2010)
Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Prosesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 Ayat (1), (Lampung: Raden Intan, 2020)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Citra Umbara, 2009)
Werang Basilius R., Manajemen Pendidikan Sekolah, (Yogyakarta: Media Akademi,2015)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).