Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Negeri Ambon

Authors

  • Man Amanah IAIN Ambon
  • Elfridawati Mai Dhuhani IAIN Ambon
  • Habiba Waliulu IAIN Ambon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalasis: (1) Manajemen sarpras dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri Ambon. (2) Faktor pendukung dan penghambat manajemen sarpras dalam memotivasi belajar peserta didik di MTs Negeri Ambon. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 25 Maret 2022 sampai dengan 25 April 2022. Informan/narasumber penelitian ini berjumlah 28 orang terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala Tatausaha, Wakil Kepala Madrasah Sarpras, Pengelola Barang Milik Negara (BMN), 6 orang guru (Guru-guru kali kelas) serta 18 orang peserta didik terdiri dari 9 orang kelas VII dan 9 orang kelas VIII. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi serta menggunakan analasis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Manajemen sarpras memanglah harus dilakukan dan dioptimalkan dengan baik diantaranya a) Merencanakan kebutuhan sarpras. b) Melakukan pengadaan kebutuhan sarprasnya. c) Melakukan penyaluran kepada pengelola sarpras. d) Melakukan inventaris atau pencatatan kepada sarpras. e) Melakukan penyimpanan atas sarpras. f) Melakukan pemeliharaan dengan baik atas sarpras. g) Melakukan penghapusan terhadap sarpras. h) Melakukan pengawasan terhadap sarpras. Sehingga beberapa hal berikut bisa tercapai dan motivasi belajar dengan sendirinya akan timbul pada peserta didik. Yaitu antara lain terciptanya kondisi belajar yang kondusif, terciptanya suasana belajar yang nyaman, terciptanya kemudahan dalam belajar serta terciptanya motivasi atau keinginan belajar. 2) Faktor Pendukung diantaranya a) Memadainya sarpras. b) Pengelolaan sarpras. Faktor Penghambat diantaranya a) Sarana dan Prasana. b) Pengoptimalan tata kelola sarpras. c) Kesadaran dalam menjaga sarpras. d) Biaya (dana untuk sarpras)

Kata Kunci: Manajemen Sarpras, Motivasi Belajar

References

Ahmadi Abu, Psikologi Sosial, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991)

Aruikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, Wakaf dari Pelayanan Dua Tanah Suci Raja Fahd bin Abdul Aziz A-Sud’ud

Haris Nurdiansyah & Robbi Saepul Rahman, Pengantar Manajemen, (Yogyakarta: Dianda Kreatif, 2019).

Indrawan Irjus, Pengantar Manajemene Sarpras Sekolah, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2015)

Kelompok PPKT dan Magang III, Laporan Kelompok Kegiatan Mahasiswa, (Ambon: FITK IAIN Ambon, 2021)

Mukhid Abd., Metodologi Penelitian, (Surabaya: CV Jakad Media Publishing, 2019)

Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015)

Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015)

Mustari Mohamad, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015)

Narbuko Chalid dan Abu Achmad, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Octavia Sliphy A., Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020)

Sugiono, Metode Penelitian Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Prosesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 Ayat (1), (Lampung: Raden Intan, 2020)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Citra Umbara, 2009)

Werang Basilius R., Manajemen Pendidikan Sekolah, (Yogyakarta: Media Akademi,2015)

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Amanah, M., Dhuhani, E. M., & Waliulu, H. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Negeri Ambon. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 1(1), 22–29. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/4461