Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Mutu Pendidikan di Lembaga Paud Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah Al-Ikhlas

Authors

  • Yona Misi IAIN Ambon
  • Nurhasanah Nurhasanah IAIN Ambon
  • La Rajab IAIN Ambon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Ingin mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di Lembaga PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah al-Ikhlas. 2) Ingin mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di Lembaga PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah al-Ikhlas. 3) Ingin mengetahui upaya-upaya kepela sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di Lembaga PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah al-Ikhlas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat peristiwa dan karakreristik populasi atau wilayah tertentu. Penelitian ini berusaha menjelaskan situasi dan peristiwa. Teknik pengumpulan data, antara lain: observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah al-Ikhlas di mana kepala sekolah sebagai pemimpin, sebagai pembimbing, sebagai pemotivasi dan sebagai pembina yaitu sudah terealisasi dengan baik dan lulusannya tersebar di lembaga tingkat sekolah dasar (SD), namun dibalik itu masih perlu ditingkatkan lagi sesuai dengan aturan yang berlaku. Faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah al-Ikhlas antara lain: Pertama: Faktor pendukung dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah al-Ikhlas yaitu: RPP yang terancang dengan baik, kurikulum, orang tua dan alat permainan edukasi. Kedua: Faktor penghambat dalam meningkatkan budaya mutu PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah al-Ikhlas yaitu: orang tua dan tidak ada keseriusan belajar. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah al-Ikhlas yaitu: melakukan evaluasi, memberikan penguatan materi, melakukan pendekatan dan melakukan motivasi.

Kata Kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, budaya mutu pendidikan

References

Amin Nurul, dkk, 2018, Membangun Budaya Mutu yang Unggul dalam Organisasi Lembaga Pendidikan Islam, Al-tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1.

Arianti, 2018, Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 12, No. 2.

Anwar Syaiful, 2014, Pengembangan Budaya Mutu dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 14, No. 2.

Badeni. 2014, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, (Bandung: Alfabeta).

Bahrun Hasan dan, Zamroni. 2017, ”Manajemen Mutu Pendidikan”: Tulungagung, Akademia Pustaka.

Daryanto. 2013 “Administrasi Dan Manajemen Sekolah”, (Jakarta: Rineka Cipta).

Departemen Agama RI, 2010 “Al-Hidayah”, (Banten: Kalim).

Dokumen Sertifikat Guru PAUD RA Iftitah Al-Ikhlas.

Dokumen Prestasi Peserta Didik PAUD RA Iftitah Al-Ikhlas.

Fahmi, Irham. 2014, Manajemen Kepemimpinan Teori & Aplikasinya, (Bandung: Alfabeta).

Hakim Lukman, dkk. 2018, Membangun Budaya Mutu yang Unggul Dalam Organisasi Lembaga Pendidikan Islam.

Haris Abdul. 2013, Buku Perkulihan Kepemimpinan Kepndidikan (Surabaya: Government of In donesia (GoI) and Islamic Development Bank (IDB).

Hermino Agustinus. 2014 “Kepemimpinan Pendidikan Di Era Globalisasi”, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Huberman dan Milles, 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta Universitas Indonesia Pres,

H. Khairil dan Sudarwan Danim, 2014, PSIKOLOGI PENDIDIKAN Dalam Perspektif Baru, (Bandung: ALFABETA).

Hapnita Widia, dkk, 2018, Faktor Internal dan Faktor Eksternal Yang Dominan Mempengruhi Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK 1 Padang Tahun 2016/2017, CIVID JURUSAN TEKNIK SIPIL, Vol. 5, No. 1.

Hajar Ruyatul, 2017, Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Madrasah, Indonesian Jurnal of Education Management & Administration Review. Vol, 1. No, 1.

Hanafiah Ali Muhammad, 2018, Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin dan Supervisor, Jurnal Hikmah, Vol. 15, No, 1.

James Morgan, E. 1982, Administrative and Supervisory Mangement, (Englewood N.J: Prentice-Hall, Inc).

Jonathan, Sarwono. 2006, “Metode Penelitian Kuantitaif & Kualitatif” (Yogyakarta: Graha Ilmu).

Jamaluddin. 2017, MANAJEMEN MUTU Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan, (Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA)).

Kartono Kartini. 2009, Pemimpin dan Kepemimpinan Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?, (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Kasidah, dkk. 2017, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Banda Aceh. Jurnal: Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol. 5, No. 2.

Kaswan. 2019, Kepemimpinan Dampak Dan Warisannya; Praktek Kepemimpinan Untuk Meraih Keunggulan Organisasi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang. (Jakarta: Bumi Aksara).

Kementrian Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahnya.

KTSP RA Iftitah Al-Ikhlas, Tahun 2011.

Kompri, 2018, Manajemen dan Kepimpinan Pondok Pesantren, (Jakarta: Prenadamedia Group).

M Douglas dan Gregor Mc. 1960, The Human Side Of Enterprise in human Relation in Management, I.l, Heckman, Jr, and S.G. Huneryager: (Cincinnati: South-W estem).

Mahmud Marzuki, 2012, Manajemen Mutu Perguruan Tinggi (Jakarta: Rajawali Pers).

Mataputun Yalius. 2020, Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan Permasalahannya, Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol. 8, No. 3.

Midun Hendrikus, 2017, Membangun Budaya Mutu dan Unggul, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol. 9, No. 1.

Moleong, Lexy J. 2011, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Ngkoswara, 2011, “Administrasi Pendidikan”, (Bandung: Alfabeta).

Nurhayati, 2021, Upaya Pembinaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pidie, Jurnal Sosial Humaniora Sigli, Vol. 5, No. 1.

Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.

Paningkat Siburian dan Nasib Tua Lumban. 2018. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 5, No. 1.

Purwanggono Jaka Cuk. 2020, “Buku Ajar Kepemimpinan”: Semarang.

Purwanto Nurtanio Agus, 2019, Kepemimpinan Pendidikan (Kepala Sekolah sebagai Manager dan Leader), (Yogyakarta: Interlude).

Putri Intan Isnawati Dewi. 2020, Manajemen Pengembangan Peserta Didik Berbasis Total Quality Management di MI Al-Hidayah Bogor Miri Sragen, Millah: Jurnal Studi Agama, Vol, 20, No, 1.

Rahmat Abdul & Kadir Syaiful. 2017 “Kepemimpinan Pendidikan dan Budaya Mutu”. (Yogyakarta: PT Zahir Publishing).

Rahmi Sri, 2018 “Kepala Sekolah & Guru Profesional”, (Banda Aceh: Naskah Aceh (NASA) dan Pascasarjana UIN Ar-Rahman).

Riyanta Teguh, 2016, Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah Melalui Kepemimpinan Trasformasional, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 12, No. 2.

Santoso, dkk, 2020, Harmonisasi Al-Ruh, Al-Nafs dan Al-Hawa Dalam Psikologi Islam, Jurnal Islamika, Vol. 3, No. 1,

Soemanto Westy dan Soetopo Hendiyat, 1988, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: Aksara).

Sugiyono, 2009, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Summiati Musyakkir, dkk, 2018, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Pr estasi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Sekecamatan Pelombangkeng Utara Kabupaten Takalor, Yume: Jurnsal of Management. Vol. 3, No. 2.

Suti Marus, 2011, Strategi Peningkatan Mutu Di Era Otonomi Pendidikan, MEDTEK, Vol 3. No. 2.

Saetban A. Antonius, 2021, Faktor Penghambat Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Masa Pendemi Covid-19, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara. Vol. 13, No. 1.

Triwiyanto Teguh, 2015, Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara).

Umroniyah Suryani, 2020, Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu di SMP Negeri 21 Purworejo. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial. No, 1. Vol, 4.

Viona Rosalina dan Bradley Setiayadi, 2021, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. No, 1. Vol. 2.

Wahyudi, 2009 “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization), (Bandung: Alfabeta).

Widiastuti, Yulina Reski, 2021, Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan, Jurnal: Jurnal Asghar. Vol. 1, No. 1.

www.terasacademy.com, 18 Karakter Seorang Kepala Sekolah, diakses pada tanggal 15 Februari 2022.

Yahdiyani Nurilatul Rahmah, dkk, 2020, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan, Edupsycouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol, 2. No, 1.

Zahro Aminatul, 2014, Total Quality Management Teori & Praktik Manajemen Untuk Mendongrak Mutu Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media).

Zamroni, 2011 “ESQ Dan Kepemimpinan Pendidikan”, (Semarang: Rasail).

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Misi, Y., Nurhasanah, N., & Rajab, L. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Mutu Pendidikan di Lembaga Paud Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah Al-Ikhlas. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 1(1), 30–42. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/4464