Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon
Abstract
Masalah yang di angkat dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana implementasi manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon (2) Apa saja faktor yang pendukung dan penghambat manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon Kec Sirimau Kota Ambon. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022 -25 April 2022 di MA Nurul Ikhlas Ambon. Dengan sumber data dalam penelitian ini adalah 3 para tenaga pendidik yaitu 1 Kepala Madrasah, 1 wakil Madrasah,dan 1 Guru Madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap dalam analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon yaitu : (I) Implementasi manajemen strategi yaitu a) Perencanaan, kepala madrasah menyusun Rencana Kerja Madrasah (RKM), membuat peraturan tata tertib sekolah, dan mengatur jadwal jam mengajar guru serta mengarahkan para guru dalam mengikuti pelatihan /diklat b) Pengorganisasian, kepala madrasah membentuk team work tenaga pendidik dalam kewenangan dan tugas yang harus dikerjakan, baik harian, mingguan, bulanan, awal tahun, dan akhir tahun pelajaran. c) pelaksanaan, menggerakkan semua sumber daya manusia untuk dapat bekerja dengan penuh kesadaran secara bersama-sama dalam mencapai tujuan. d) pengawasan dilakukan kepala madrasah dalam proses belajar mengajar berlangsung. dapat dilihat dalam 14 kompetensi. (e) evaluasi evaluasi dilakukan secara bertahap yaitu dilakukan dari evaluasi program untuk tahun kemarin, dilihat Rencana Kerja Madrasah (RKM) agar dijadikan langkah perbaikan dari hasil evaluasi tahunan. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat (a) faktor pendukung adalah keadaan sarana prasarana yang memadai, dan adanya kerja sama antar guru yang baik. (b) Faktor penghambat yaitu dana /anggaran yang masih minim dan mindset siswa yang masih belum baik untuk datang ke sekolah dalam mengikuti proses pembelajaran
Kata Kunci: Manajemen strategi, mutu pendidikanReferences
Abin, Moh. Rois, Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Vol. 05. No.01 Tahun 2017.
Akdon,”Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan), Bandung:Alfabeta, 2011
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta : Rineka Cipta, 1993.
Cepi, Triatna, Pengembangan Manajemen Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2015
David, Frend R Manajemen Strategis, edisi 10, Jakarta: Salemba empat, 2006
Faris Nawafillah, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs Negeri Babat Lamongan, Malang: UIN Malang, 2008.
Hadis Abdul Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Penerbit AlfaBeta, 2010
Kompri, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017
Kurniawati, Eti,. Manajemen Strategik Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Vol. 9. No 01 Tahun 2017
Minarti Sri, Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, cet. Ke-2, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).