Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon

Authors

  • Aprianti Lifumangau IAIN Ambon
  • Dewinofrita Dewinofrita IAIN Ambon
  • Habiba Waliulu IAIN Ambon

Abstract

Masalah yang di angkat dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana  implementasi manajemen  strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon (2) Apa saja faktor yang pendukung dan penghambat manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon Kec Sirimau Kota Ambon. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022 -25 April 2022  di MA Nurul Ikhlas Ambon. Dengan sumber data dalam penelitian ini adalah 3 para tenaga pendidik yaitu  1 Kepala Madrasah, 1 wakil Madrasah,dan 1 Guru Madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap dalam analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan  kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon yaitu : (I) Implementasi  manajemen strategi yaitu a) Perencanaan, kepala madrasah menyusun Rencana Kerja Madrasah (RKM), membuat peraturan tata tertib sekolah, dan mengatur jadwal jam mengajar guru serta mengarahkan para guru dalam mengikuti pelatihan /diklat b) Pengorganisasian,  kepala madrasah membentuk team work tenaga pendidik dalam kewenangan dan tugas yang harus dikerjakan, baik harian, mingguan, bulanan, awal tahun, dan akhir tahun pelajaran. c) pelaksanaan, menggerakkan semua  sumber daya manusia untuk dapat bekerja dengan penuh kesadaran secara bersama-sama dalam mencapai tujuan. d) pengawasan dilakukan kepala madrasah dalam proses belajar mengajar berlangsung. dapat dilihat dalam 14 kompetensi. (e) evaluasi evaluasi  dilakukan secara bertahap yaitu dilakukan dari evaluasi program untuk tahun kemarin, dilihat Rencana Kerja Madrasah (RKM) agar dijadikan langkah perbaikan dari hasil evaluasi tahunan. (2) Faktor pendukung  dan faktor penghambat (a) faktor pendukung adalah keadaan sarana prasarana yang memadai, dan adanya kerja sama antar guru yang baik. (b) Faktor penghambat yaitu  dana /anggaran yang masih  minim dan  mindset siswa yang masih belum baik untuk datang ke sekolah dalam mengikuti proses pembelajaran

Kata Kunci: Manajemen strategi, mutu pendidikan

References

Abin, Moh. Rois, Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Vol. 05. No.01 Tahun 2017.

Akdon,”Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan), Bandung:Alfabeta, 2011

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta : Rineka Cipta, 1993.

Cepi, Triatna, Pengembangan Manajemen Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2015

David, Frend R Manajemen Strategis, edisi 10, Jakarta: Salemba empat, 2006

Faris Nawafillah, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs Negeri Babat Lamongan, Malang: UIN Malang, 2008.

Hadis Abdul Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Penerbit AlfaBeta, 2010

Kompri, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017

Kurniawati, Eti,. Manajemen Strategik Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Vol. 9. No 01 Tahun 2017

Minarti Sri, Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, cet. Ke-2, 2012.

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Lifumangau, A., Dewinofrita, D., & Waliulu, H. (2023). Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 1(1), 43–50. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/4465