Hubungan Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) dengan Otomasi Perpustakaan
Abstract
Teknologi informasi hadir untuk memudahkan pekerjaan perpustakaan. Penerapan teknologi informasi di perpustakaan dikenal dengan otomasi perpustakaan. Otomasi perpustakaan dapat mengintegrasikan kegiatan-kegiatan perpustakaan dengan menggunakan suatu software. Salah satu software yang dapat digunakan adalah Senayan Library Management System (SLiMS), di dalamnya terdapat modul-modul yang terintegrasi dengan kegiatan pelayanan sirkulasi, sehingga pelayanan sirkulasi dapat dilakukan secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan otomasi perpustakaan berbasis SLiMS, pelayanan sirkulasi, dan hubungan otomasi perpustakaan berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) dengan pelayanan sirkulasi perpustakaan di MAN se-Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala likert yang dibagikan kepada 98 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis parsial perindikator, uji normalitas dan linieritas, serta uji korelasi. Hasil perhitungan menunjukkan; otomasi perpustakaan berbasis SLiMS memperoleh mean sebesar 3,26 dengan persentase ketercapaian 75,88%, pelayanan sirkulasi perpustakaan memperoleh mean sebesar 3,34 dengan persentase ketercapaian 83,79%, nilai koefisien korelasi sebesar 0,469 (tingkat keeratan hubungan sedang) dengan arah hubungan yang positif, sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,220 yang berarti kontribusi otomasi perpustakaan berbasis SLiMS sebesar 22% terhadap pelayanan sirkulasi perpustakaan, dan 78% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
References
As-Sa’di, A. N. (2018). Tafseer as-Sa’di vol. 6 (Juz’ 16-18) (English). International Islamic Publishing House.
Azwar, M. (2013). Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan Senayan Library Management System (SliMS). Jurnal Khizanah Al-Hikmah, 1(1), 19–23. https://doi.org/10.24252/v1i1a3
Darmanto, P. (2016). Manajemen Perpustakaan. Bumi Aksara.
Hardani, Hikmatul Auliya, N., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Ar-Ruz Media.
Hartono. (2017). Manajemen Sistem Informasi Perpustakaan: Konsep, Teori, dan Implementasi. Gava Media.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65.
Hutama, A. S., & Rohmiyati, Y. (2013). Pengaruh Penerapan Sistem Otomasi Perpustakaan Izylib Terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 12–24. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/2993
Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.
Iswanto, R., Rodin, R., Rizkyantha, O., & Marleni. (2019). Perpustakaan dan Ilmu Informasi: Sebuah Pengantar. LP2 IAIN Curup.
Kemendikbud. (2022). SLIMS. Perpustakaan Dikbud. https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/slims
Lasa. (2013). Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Penerbit Ombak.
Mathar, T. (2020). Pengantar Sistem Otomasi Perpustakaan. Alauddin University Press.
Muhyi, M., Hartono, Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, Rifai, I., Zaman, Q., Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press.
Mulyadi. (2016). Pengelolaan Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS). Rajagrafindo Persada.
Nugraha, A., & Wicaksono, H. (2023). SLIMS. Senayan Developer Community. https://slims.web.id/web/pages/about/
Patria, Y. (2018). Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Otomasi Perpustakaan terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Pusat IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.24967/jmb.v4i2.761
Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI (2007).
Prakoso, G., Kertahadi, & Susilo, H. (2017). Pengaruh Penerapan Otomasi Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan dan Kinerja di Perpustakaan Umum (Studi pada Kantor Perpustakaan dan Dokumentasi Pemerintah Kota Batu). Jurnal Admnistrasi Bisnis, 50(6), 144–150. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2091
Rachmawati, R. (2016). Sistem Informasi Dilihat Dari Aspek Kualitas Informasi Akuntansi Manajemen. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 4(2), 985–992. https://doi.org/10.17509/jrak.v4i2.4032
Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Peprustakaan. Prenadamedia Group.
Rochmah, E. A. (2016). Pengelolaan Pelayanan Perpustakaan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 277–292. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.2.277-292
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhendar, Y. (2014). Panduan Petugas Perpustakaan Perpustakaan: Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar. Prenada.
Suherman. (2013). Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah: Referensi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Literate.
Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Pustaka Setia.
UPT Perpustakaan Itenas. (2023). Panduan Sistem Informasi Perpustakaan Institut Terknologi Nasional Bandung. Institut Teknologi Nasional. https://lib.itenas.ac.id/emag/slims/
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).