IMPLEMENTASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI MALUKU

Authors

  • Wahyu Khoirul Mustofa IAIN Ambon
  • Elfridawati Mai Dhuhani IAIN Ambon
  • Dinar Riaddin IAIN Ambon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi PTSP Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku. Jenis penelitian ini merupakan deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Implementasi PTSP Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku belum sesuai dengan KMA RI Nomor 90 Tahun 2018. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, sebagai berikut: a) Sumber Daya Manusia yang ada masih kurang memadai karena dari pihak Kantor belum memberdayakan pegawainya dengan semestinya. b) Dari segi proses pelayanan yang terjadi pada PTSP belum berjalan semestinya, penyelesaian pengurusan pengguna layanan masih dilakukan pada ruangan masing-masing bagian/bidang, hal tersebut terjadi karena belum tersedianya pegawai yang menguasai dalam bidang IT yang bisa ditempatkan pada Back Office.

References

M. Askari Zakariah, dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R & D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif &Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Samiaji Sarosa. 2021. Analisis data Kualitatif Yogyakarta: Kanisius.

Nurdin Usman. 2020. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Imbron & Ibrahim Bali Pamungkas. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia Bandung: CV. Widina Media Utama.

Nashar. 2020. Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Andi Ibrahim. (2019) “Konsep Dasar Manajemen Perpustakaan Dalam Mewujudkan Mutu Layanan Prima Dengan Sistem Temu Kembali Informasi Berbasis digital”, 1, 133” Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Mustofa, W. K., Dhuhani, E. M., & Riaddin, D. (2023). IMPLEMENTASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI MALUKU. EUREKA (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM), 1(2), 79–84. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/5973