Manajemen Strategis Dalam Mengelola Program Unggulan Di Mts The Noor Pacet Mojokerto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategis dalam mengelola program unggulan tahfidz Qur’an yang berfokus pada perencanaan strategis, pelaksanaan strategis dan evaluasi hasil pelaksanaan strategis dalam mengelola program tahfidz Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan subjek penelitian meliputi kepala madrasah., guru tahfidz, waka dan siswa tahfidz. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Data yang di peroleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Manajemen strategis merupakan sistem atau panduan berjalannya suatu lembaga sehingga tidak dapat dipisahkan dari peran kepala sekolah, staf dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategi dalam mengelola program tahfidz di MTs The Noor Pacet sudah cukup baik, dalam hal ini manajemen yang diterapkan dalam mengelola program unggulan tahfidz Qur’an dengan cara: 1) Perencanaan Strategis, perancanaan secara rinci dalam program tahfidz Qur’an, mengelola SDM (siswa-siswi tahfidz), mengelola program tahfidz Qur’an menjadi dua kelompok dalam satu kelasnya, dari kelas 7,8,9 yaitu kelas lancar dan belum lancar. 2) Strategi pelaksanaan, yaitu mengawasi pelaksanaan program unggulan, melengkapi dan menyediakan kebutuhan fasilitas dalam proses kegiatan berlangsung. 3) Hasil dari pelaksanaan strategi tahfidz Qur’an yaitu, lembaga MTs The Noor mampu mengembangkan dan mencetak generasi Qur’ani yang berasaskan Ahlus Sunnah Waljama’ah.References
Abu, Nizhan. 2008. Buku Pintar Al Qur’an. Jakarta: Qultum Media.
Ahmad, Shodikin. 2011. Manajemen Pendidikan. Jakarta: LP3ES.
Al-Faruq, Umar. 2014. Cara Dahsyat Menghafal Al-Qur’an. Surakarta:Ziyad Books.
Andrian. 2017. Upaya Pembinaan Fisik dan Mental (PFM) Dalam Membangun Kedisiplinan Siswa DI SMK PGRI 3. Cimahi: UCEJ.
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin, 2010. Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktis Pendidikan). cet.Ke 2. Jakarta: Bumi Aksara
Assauri, Sofian. 2016. Strategic Management: Sustainable Competitive Advantages. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Badwilan, Ahmad. Salim. 2009. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Diva Press.
David, 2012. Manajemen Strategis. Jakarta: Selemba Empat
Draft, Richard L. 2002. Manajement,. Jakarta: Erlangga.
Farid, Wadji. 2010. “Tahfidz Al-Qur’an Dalam Kajian Ulum Al-Qur’an” (Studi Atas Berbagai Metode Tahfidz)” Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah,
Fattah, Nanang. 2013. Sistem Penjamin Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ghony M Djunaidi dan Faudzan Almanshur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Djogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Harahap, Deny Ansari dan Dita Amanah. 2018. Pengantar Manajemen. Bandung: Alfabeta CV.
Hidayah, Nur. 2016. Strartegi Pembelajaran Tahfidzil Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ta’allum Vol 04, No. 01. , 65.
Hasibuan, Malayu.2004. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Jakarta: Bumi Aksara
Hidayatullah, Moh Nur. 2019. Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif, dan Efisien. Malang: Literasi Nusantara.
Hunger, Wheelen, 2012. Strategic Management and Bussiness. New York: Pearson.
Iqbal, Muhammad. 2015. Konsep Pendidikan Islam Modern. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Jeadun, A. 2010. Pemanfaatan Tegnologi Informasi Sebagai Sumber Belajar. Yogyakarta: Cendekia .
Kemenag RI. 2006. Al-Qur’an Dan Terjemahnya.Semarang: Toha Putra.
Lexy, Moleong J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mahmud, Yunus. 2005. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya agung.
Muhaimin. dkk.2009. Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam penyusunan rencana pengembangan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2015. Manajemen dan Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Mushaf Hilal, 2009. Al-Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: PUSTAKA ALFATIH.
Priansa, Donny Juni and Setiana, Sonny Suntani. 2018. Manajemen Strategi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Safullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutjipto, Wirjosuparto, 2012, Pokok- Pokok Manajemen Modern. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo
Syagala, Syaiful. 2013. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syihab Quraisy, 2000. Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, Umar. 2004. Kontekstualitas al-Qur’an. Jakarta: Penamadani.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Program Organisasi. Jakarta: Grandmedia Pustaka Umum.
Umrati dan Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray: Makassar, 2020), hal. 115
Umar, Husain. 2020. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta : PT.Grapindo Persada.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Bandung: Citra Umbara.
Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional 1. 2008. Jakarta: Redaksi Sinar Grafik.
Usman, Nurdin, 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Paraktis bagi pendidikan dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wahid, Wiwi Alawiyah. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal AL-Qur’an. Jogjakarta: DIVA Press.
Wildan Muhammad, Metode Talaqqi, diakses dari: https://tafsir alquran.id/talaqqi-sebagai-metode-pembelajaran-al-quran/, pada tanggal 05 juli 2022 pukul 20:12
Yakub dan Vico Hisbanarto. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citations of published work (See The Effects of Open Access).